Sabtu, 20/04/2024 11:53 WIB

Puncak Kemacetan Libur Panjang Diprediksi Rabu Lusa

Puncak kendaraan tinggalkan Ibukota diperkirakan terjadi pada lusa, Rabu (28/10/2020). Jasa Marga siapkan ini.

Lalu Lintas di DKI Jakarta. (Foto :Jurnas/Ginting).

Jakarta, Jurnas.com- Libur panjang cuti bersama Rabu (28/10/2020) sampai dengan Minggu (1/11/2020) diprediksi akan terjadi peningkatan arus kendaraan keluar kota.  Menurut PT Jasa Marga (Persero) Tbk, diperkirakan peningkatan volume kendaraan keluar kota terjadi pada Rabu (28/10/2020).

Sedangkan untuk arus balik, diperkirakan terjadi pada Minggu (1/11/2020). Corporate Communication and Community Development Group Head Jasa Marga, Dwimawan Heru menghimbau pengguna yang akan melakukan perjalanan untuk menghindari puncak volume lalin demi keamanan dan kenyamanan pengguna jalan.

“Untuk puncak arus balik diprediksi Minggu (1/11/2020),” tulis Heru dalam keterangannya, Senin (26/10/2020).

Jasa Marga pun akan mengoptimalkan layanan di berbagai fasilitas yang tersedia dengan penerapan jaga jarak fisik melalui pembatasan pengunjung dan kapasitas parkir maksimum 50 persen untuk mencegah penyebaran Covid-19. Selain itu, Perseroan juga menyiagakan petugas operasional, pos pengamanan, serta bekerja sama dengan kepolisian untuk melakukan rekayasa lalu lintas buka atau tutup tempat istirahat saat terjadi antrean kendaraan.

Operation and Maintenance Management Group Head Jasa Marga Pratomo Bimawan Putra mengatakan volume lalu lintas keluar Jakarta selama empat hari periode libur Maulid Nabi dari 27-30 Oktober 2020 diprediksi naik sebesar 21,77 persen dibandingkan dengan periode normal baru pandemi.

“Distribusi mayoritas lalu lintas yang meninggalkan Jakarta ke arah timur menuju Jalan Tol Trans-Jawa dan Jalan Tol Cipularang serta Padaleunyi sebesar 48,17 persen. Sementara 28,32 persen ke arah barat menuju Banten dan Merak dan 23,51 persen ke arah selatan yang merupakan lalu lintas lokal menuju Bogor, Puncak, dan Ciawi,” jelas Bima Putra.

Ditambahkan Bima, angka prediksi tersebut merupakan kumulatif lalu lintas yang meninggalkan Jakarta di beberapa gerbang tol (GT) utama yaitu GT Cikupa untuk arah barat, GT Ciawi arah selatan serta GT Cikampek Utama dan GT Kalihurip Utama arah timur.

“Dalam pelayanan transaksi, Jasa Marga meningkatkan kapasitas layanan di GT utama yakni menyiapkan petugas mobile reader dengan tetap menjaga protokol kesehatan serta menyiapkan GT sementara di Km 149 Gedebage Jalan Tol Padalarang-Cileunyi sebagai antisipasi kepadatan keluar Cileunyi. Selain itu kami juga memastikan gardu transaksi beroperasi penuh, keberfungsian peralatan tol 100 persen dan penyiagaan genset 24 jam,” terangnya.

“Kami juga telah melakukan pelebaran lajur di Km 48 yang merupakan pertemuan ruas Jalan Tol Jakarta-Cikampek bawah dengan Jakarta-Cikampek Elevated. Pelebaran lajur dilakukan di kedua sisi, baik arah Jakarta maupun arah Cikampek. Diharapkan pelebaran ini mengurangi kepadatan titik pertemuan kendaraan dua ruas jalan tol tersebut,” sambung Bima.

KEYWORD :

Puncak Kemacetan Jasa Marga Libur Panjang




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :