Jum'at, 04/12/2020 09:31 WIB

Genjot Jurnal Ilmiah Scopus, UNJ Bidik Reputasi Asia

Rektor UNJ, Komarudin, mengatakan saat ini jumlah publikasi ilmiah internasional UNJ di jurnal terindeks Scopus sudah mencapai 1.500 artikel.

Media Gathering Rektor Universitas Negeri Jakarta, Komarudin, dengan Forum Wartawan Pendidikan (Fortadik)

Jakarta, Jurnas.com - Universitas Negeri Jakarta (UNJ) terus meningkatan jumlah jurnal ilmiah terindeks Scopus. Langkah ini bertujuan untuk menjadi kampus bereputasi tingkat Asia.

Rektor UNJ, Komarudin, mengatakan saat ini jumlah publikasi ilmiah internasional UNJ di jurnal terindeks Scopus sudah mencapai 1.500 artikel.

"Saat ini sejumlah capaian ilmiah terus meningkat seperti publikasi internasional terindeks Scopus di lingkungan Lembaga Pendidikan Tenaga Kependidikan atau LPTK mencapi  1.500 artikel," kata Komarudin dalam kegiatan media gathering dengan Forum Wartawan Pendidikan (Fortadik) di kampus UNJ, Jakarta, pada Kamis (22/10).

Turut hadir empat Wakil Rektor UNJ yakni Wakil Rektor I Suyono, Wakil Rektor II Agus Dudung, Wakil Rektor III Abdul Sukur, Wakil Rektor IV Totok Bintoro, Kepala LP2M UNJ Muhammad Zid dan Kepala LP3 UNJ Ucu Cahyana.

Komarudin memaparkan, dengan capaian 1.500 artikel Scopus per 14 Oktober 2020, kini UNJ berada di peringkat keempat pada klaster perguruan tinggi LPTK.

Adapun peringkat pertama Universitas Negeri Malang dengan 2.542 artikel, peringkat kedua Universitas Negeri Yogyakarta 1.902 artikel, Universitas Negeri Semarang 1563 artikel.

"Saat ini sekitar 300 lebih artikel untuk terindeks Scopus sedang diproses," ujar Komarudin.

UNJ juga mencatatkan 1.733 Hak Kekayaan Intelektual (HKI) dari Science and Technology Index (SINTA) Kementerian Riset dan Teknologi/Badan Riset Inovasi Nasional (BRIN).

"Capaian HKI dari SINTA Kemenristek BRIN ini menempatkan UNJ pada peringkat 4 nasional dibawah UI sebanyak 3.122 HKI, Universitas Brawijaya 2.612 HKI, dan UGM sebanyak 2.593 HKI," papar Komarudin.

Adapun pada pemeringkatan klasterisasi perguruan tinggi tahun ini, UNJ berada pada peringkat ke-20. Posisi UNJ naik signifikan dari 2019 yang berada pada peringkat 59.

Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan Abdul Sukur menambahkan, sejumlah capaian mahasiswa dan alumni UNJ menembus prestasi tingkat dunia yakni pada ajang Asian Games 2018 di Indonesia meraih enam medali emas, lima medali perak, dan tiga medali perunggu. Lalu Sea Games di Filipina 2019 meraih tiga medali emas.

TAGS : Rektor UNJ Komarudin Publikasi Ilmiah Terindeks Scopus




JURNAS VIDEO :

TERPOPULER :