Rabu, 02/12/2020 01:06 WIB

Menaker Ida Kunjungi Rumah Penerima Bantuan Subsidi Upah di Malang

Menaker Ida berharap, program bantuan subsidi upah dapat membantu kehidupan para pekerja dan meningkatkan daya beli masyarakat

Menaker Ida Fauziyah kunjungi tiga penerima Bantuan Subsidi Upah di Malang (Humas Kemnaker)

Malang, Jurnas.com – Menteri Ketenagakerjaan (Menaker) Ida Fauziyah, kembali mengadakan kunjungan kerja ke rumah pekerja/buruh yang menerima program bantuan pemerintah berupa subsidi upah (BSU).

Kunjungan pada Kamis, (22/10/2020), dilakukan ke rumah pekerja penerima subsidi upah di Malang, Jawa Timur, yakni Erwin Junaedi, Yati Ningsih, Sulistyowati, dan Mashuri.

Menaker Ida menyampaikan rasa senangnya dapat bersilaturahmi ke rumah Erwin dan Yati. Menaker Ida menyampaikan bahwa keduanya merupakan penerima bantuan subsidi upah tahap III dan tahap IV, di mana Erwin ini bekerja di Taman Rekreasi Sengkaling, sementara Yati bekerja di pabrik rokok Pundi Mas.

"Dalam kondisi pandemi, kalau Pak Erwin memang tidak berkurang pendapatannya, tapi banyak teman-teman meskipun penghasilannya di bawah Rp5 juta, banyak yang pendapatannya berkurang, 50 persen, 25 persen, atau bahkan berkurang sama sekali, tapi belum di-PHK, masih jadi buruh di sebuah perusahaan," kata Ida.

Menaker Ida mengungkapkan rasa bahagianya, karena bantuan subsidi gaji/upah yang disalurkan pemerintah itu tepat sasaran dan dapat membantu kehidupan para pekerja dan keluarga di masa pandemi covid-19.

“Dengan subsidi upah ini, saya mendengar kesaksian beliau untuk menambah kebutuhan sehari-hari. Insya Allah, semua lancar, akhir Oktober ini akan kami lakukan evaluasi, dan awal November 2020 kami bisa transfer untuk tahap kedua", ungkap Ida.

Menaker Ida berharap, program bantuan subsidi upah dapat membantu kehidupan para pekerja dan meningkatkan daya beli masyarakat, sehingga dapat meningkatkan konsumsi masyarakat dan perekonomian di masa pandemi Covid-19.

Berdasarkan data Kemnaker per 19 Oktober 2020, bantuan subsidi upah tahap I tersalurkan kepada 2.485.687 penerima (99,43 persen); tahap II sebanyak 2.981.531 penerima (99,38 persen); tahap III sebanyak 3.476.120 penerima (99,32 persen); tahap IV sebanyak 2.620.665 penerima (94,09 persen); dan tahap V sebanyak 602.468 penerima (97,39 persen).

Total program bantuan subsidi upah (BSU) yang telah disalurkan kepada pekerja/buruh sebanyak 12.166.471 atau setara dengan 98,09 persen.

Subsidi upah disalurkan melalui dua termin pembayaran. Setelah pembayaran termin I selesai disalurkan, Kemnaker akan kembali memproses pembayaran termin II.

Salah seorang pekerja yang mendapatkan BSU, Erwin Junaedi, menyatakan bahwa dirinya sangat merasakan manfaat adanya BSU dari pemerintah. Uang sebesar Rp1,2 juta yang diterimanya telah digunakan untuk kebutuhan sehari - hari.

TAGS : Kinerja Menteri Tenaga Kerja Subsidi Upah Ida Fauziyah




JURNAS VIDEO :

TERPOPULER :