Kamis, 25/04/2024 14:45 WIB

Sekjen PDIP Gugah Elemen Rasa Sebagai Landasan Sikap Bernegara

Indonesia adalah bangsa besar, dengan rekam jejak sejarah peradaban yang membanggakan.

Hasto Kristiyanto, Sekjen PDI Perjuangan

Jakarta, Jurnas.com - Hasil pantauan anggota dan kader PDI Perjuangan menyimpulkan bahwa sangat banyak kemajuan yang telah dicapai oleh Pemerintahan Pak Jokowi-JK, dilanjutkan dengan satu tahun kepemimpinan Pak Jokowi-KH Ma’ruf Amin.

Sekjen PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto mengatakan, capaian-capaian dalam kepemimpinan bangsa itu harus dilihat juga dengan Kebudayaan Indonesia yang dilandasi oleh budi pekerti, sehingga dapat melihat kebaikan dengan rasa, dengan hati, dan pikiran yang jernih.

"Banyak infrastruktur dan program yang dikerjakan Pemerintah untuk masyarakat seperti: bendungan, jalan tol, kereta api, pembangkit listrik, sarana dan prasarana pertanian, pasar rakyat. Semua dilakukan untuk rakyat," jelas Hasto, Rabu (21/10/2020).

Ia menegaskan, begitu banyak kemajuan yang dicapai pemerintah, namun masih ada saja elit politik yang hanya melihat dari sisi negatif, penuh iri hanya karena tidak lagi mendapatkan jabatan strategis.

Dalam situasi bangsa yang sedang menghadapi pandemi Covid-19, lanjut Hasto, seharusnya semangat persatuan, gotong royong, dan bela rasa yang seharusnya dikedepankan.

“Kalau Indonesia ribut terus, yang akan senang negara lain. Karena itulah kedewasaan politik seharusnya dikedepankan," tukasnya.

Oleh sebab itu, Hasto mengingatkan sudah saatnya kedepankan tanggung jawab bersama demi kemajuan bangsa. Kedepankan sikap kenegarawanan, dan resapi kalimat "Apa yang dapat diberikan bagi kemajuan dan kejayaan bangsanya?”

Hasto juga menegaskan bahwa Indonesia adalah bangsa besar, dengan rekam jejak sejarah peradaban yang membanggakan.

Bahkan Pancasila sebagai landasan dan ideologi telah dipuji banyak negara. Pancasila sebagai ideologi yang membangun persaudaraan antarbangsa sehingga Indonesia berhasil menyelenggarakan Konferensi Asia Afrika. Banyak negara berpenduduk mayoritas Islam merdeka karena Indonesia.

"Sekarang ini keadaan terbalik, praktek politik hanya ke dalam, berhadapan dengan bangsa sendiri. Lupa pada tugas maha penting untuk bagaimana seluruh anak bangsa bertindak ke luar dan membawa nama harum di dunia internasional," ungkapnya.

Atas dasar hal tersebut, Hasto selaku Sekjen PDI Perjuangan mengajak seluruh komponen bangsa untuk kedepankan cara pandang yang positif dan berjuang bagi kemajuan bangsa.

KEYWORD :

Rasa Sekjen PDI Perjuangan Pancasila




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :