Kamis, 03/12/2020 18:03 WIB

Akhirnya Bank Mandiri Punya Direktur Utama yang Baru

Darmawan Junaidi menghabiskan sebagian besar karirnya di Bank Mandiri di bidang treasury sejak 1999

Gedung Bank Mandiri (Independensi)

Jakarta, Jurnas.com - PT Bank Mandiri Tbk akhirnya punya Direktur Utama (Dirut) baru setelah Royke Tumilaar pindah ke BNI. Bank BUMN ini menunjuk Darmawan Junaidi sebagai Bos baru.

Rapat umum pemegang saham luar biasa (RUPSLB) hari ini, Rabu (21/10/2020) akan mengukuhkan Direktur Treasury, International Banking, and Special Asset Management Bank Mandiri itu sebagai direktur utama yang baru.

Setelah Royke ke BNI, Wadirut Bank Mandiri Hery Gunardi menjabat sebagai penjabat sementara sebelum Darmawan disahkan sebagai dirut baru. Saham Bank Mandiri (BMRI) turun 0,44% ke Rp 5.625 pada penutupan sesi pertama hari ini.

Berdasarkan keterangan tertulis Bank Mandiri, Darmawan Junaidi menghabiskan sebagian besar karirnya di Bank Mandiri di bidang treasury sejak 1999. Dia ditugaskan sebagai Direktur Treasury Bank Mandiri sejak Agustus 2017.

Dia juga pernah bertugas sebagai Regional CEO Bank Mandiri Bali & Nusa Tenggara pada 2015. Dia juga bertanggung jawab atas beberapa grup strategis yang berhasil memberikan kontribusi hingga 18% dari pendapatan Bank Mandiri pada 2019.

Pada RUPS Bank Mandiri Desember 2019, ia kembali ditunjuk sebagai Direktur Treasury, International Banking & Special Asset Management, yang juga bertanggung jawab atas keberhasilan upaya loan recovery, legal, dan penyediaan solusi transaction banking untuk segmen wholesale.

Selain di Bank Mandiri, pada tahun 2016 hingga 2017, Darmawan juga pernah ditugaskan sebagai Direktur Keuangan PT Semen Indonesia (Persero) Tbk dan sempat menjabat sebagai Plt Direktur Utama Semen Indonesia periode Mei-Agustus 2017.

Jabatan Komisaris Utama PT Semen Kupang Indonesia pernah juga dipercayakan sejak November 2016 hingga Agustus 2017. Pencapaian kinerja dengan mengedepankan transformasi biaya dan pertumbuhan inorganik menjadi keberhasilannya selama menjabat beberapa posisi di Semen Indonesia.

Darmawan menyelesaikan pendidikan di bidang hukum perdata di Universitas Sriwijaya pada 1990. Dia terus mengasah kemampuannya dengan mengikuti beberapa pelatihan eksekutif, di antaranya, Strategic Key Account Management oleh Marcus Evans Professional Training, Orchestrating Winning Performance oleh Institute Management Development (IMD), dan Developing Strategy for Value Creation dari London School of Business.

Dia juga pernah mengikuti pelatihan kepemimpinan di Executive Training High Performance Leadership dari The University of Chicago Booth School of Business dan Leading into the Future: Managing in a Changing World dari Kellogg School of Management, Northwestern University, Chicago.

TAGS : Bank Mandiri Darmawan Junaidi




JURNAS VIDEO :

TERPOPULER :