Rabu, 24/04/2024 12:42 WIB

Gencatan Senjata Armenia-Azerbaijan Rusak Hanya dalam Beberapa Jam

Armenia dan Azerbaijan dilaporkan saling menyerang karena melanggar gencatan senjata kemanusiaan baru dalam memperebutkan daerah kantong pegunungan Nagorno-Karabakh, 

Sebuah lubang peluru terlihat di jendela sebuah kendaraan militer Armenia, ditinggalkan dalam bentrokan perbatasan antara Azerbaijan dan Armenia pada 07 Oktober 2020 di Yevlakh, Azerbaijan [Onur Çoban - Anadolu Agency]

Jakarta, Jurnas.com - Armenia dan Azerbaijan dilaporkan saling menyerang karena melanggar gencatan senjata kemanusiaan baru dalam memperebutkan daerah kantong pegunungan Nagorno-Karabakh, beberapa jam setelah itu disepakati.

Gencatan senjata yang disepakati Sabtu mulai berlaku pada tengah malam (20:00 GMT) setelah gencatan senjata yang ditengahi Rusia selama seminggu gagal menghentikan pertempuran terburuk di Kaukasus Selatan sejak 1990-an. Sedikitnya 750 orang tewas sejak pertempuran dimulai pada 27 September.

Pada Minggu pukul 10:10 GMT, kementerian pertahanan Azeri mengatakan wilayah Aghdam, yang berdekatan dengan Nagorno-Karabakh, berada di bawah penembakan Armenia. Dikatakan semalam, unit militer Armenia melepaskan tembakan dari senjata kaliber besar di sepanjang perbatasan, yang dibantah Armenia.

Armenia mengatakan tentara Azeri telah menembak dua kali pada malam hari dan menggunakan artileri serta menuduh Baku menolak permintaannya untuk menarik tentara yang terluka dari medan perang.

"Langkah ini ditolak mentah-mentah oleh Baku," kata kementerian luar negeri dalam sebuah pernyataan. Baku menyebut pernyataan itu salah informasi, dilansir Middleeast, Senin (19/10).

Kementerian pertahanan Azeri mengatakan: "Musuh menembak di sekitar kota Jabrail, serta desa-desa di wilayah ini menggunakan mortir dan artileri". Ia menambahkan bahwa tentara Azeri mengambil tindakan pembalasan yang memadai.

Kementerian tersebut mengatakan bahwa unit militer Azeri menjatuhkan pesawat perang Su-25 Armenia, yang berusaha untuk melakukan serangan udara pada posisi tentara Azeri di wilayah Jabrail. Yerevan dengan sigap membantahnya.

Pejabat di Nagorno-Karabakh mengatakan pasukan Azeri telah melancarkan serangan terhadap posisi militer daerah kantong itu dan ada korban serta luka-luka di kedua sisi.

Nagorno-Karabakh adalah wilayah pegunungan yang diakui secara internasional sebagai bagian dari Azerbaijan tetapi dihuni dan diatur oleh etnis Armenia.

Gencatan senjata awal bulan ini bertujuan untuk membiarkan pihak-pihak menukar tahanan dan mayat mereka yang tewas dalam bentrokan, tetapi itu berdampak kecil pada pertempuran di sekitar daerah kantong.

Gencatan senjata baru diumumkan pada hari Sabtu setelah Menteri Luar Negeri Rusia Sergei Lavrov berbicara dengan mitranya dari Armenia dan Azeri melalui telepon dan meminta pihak-pihak untuk mengamati gencatan senjata yang dia mediasi seminggu lalu.

Rusia, Prancis, dan Amerika Serikat termasuk dalam Grup Minsk, yang berupaya membantu menyelesaikan konflik di bawah payung Organisasi Keamanan dan Kerja Sama di Eropa (OSCE).

Baku mengatakan pada hari Sabtu bahwa 60 warga sipil Azeri telah tewas dan 270 luka-luka sejak pertempuran meletus pada 27 September. Belum mengungkapkan korban militernya.

Nagorno-Karabakh mengatakan 673 personel militernya telah tewas, dan 36 warga sipil.

KEYWORD :

Gencatan Senjata Pemerintah Armenia Militer Azerbaijan




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :