Kamis, 29/10/2020 21:15 WIB

Cooking Battle, Kecap Seedap Cari Pasangan Menantu Mertua Terkompak

Wings Group Indonesia, salah satu perusahaan FMCG terkemuka di Indonesia melalui Kecap Sedaap menggelar Kecap Sedaap Cooking Battle Menantu Mertua

Ilustrasi pasangan mertua menantu sedang memasak

Jakarta, Jurnas.com - Hubungan pernikahan yang bahagia bukan hanya bergantung pada relasi dengan pasangan. Pernikahan bukanlah janji suci yang diikrarkan oleh sepasang kekasih semata, namun juga merupakan deklarasi bergabungnya dua keluarga menjadi satu.

Seperti mencintai Ayah dan Ibu kandung, kita juga harus mencintai orang tua pasangan. Nah, tantangan besar saat menjalani kehidupan rumah tangga bagi seorang wanita adalah menjadi menantu yang baik. Seringkali, hubungan dengan ibu mertua menjadi hal yang sering dibicarakan para wanita yang sudah menikah, dan tak jarang menjadi beban tersendiri.

Berawal dari hal tersebut, Wings Group Indonesia, salah satu perusahaan FMCG terkemuka di Indonesia melalui Kecap Sedaap menggelar Kecap Sedaap Cooking Battle Menantu Mertua. Bekerja sama dengan Endeus.tv, Kecap Sedaap Cooking Battle Menantu Mertua hadir untuk mempererat tali kasih antara menantu dan mertua guna menciptakan hubungan yang lebih harmonis.

Hal ini sekaligus meredam anggapan tentang ketegangan hubungan antara menantu dan mertua yang kerap terjadi. Stigma beda didikan dan beda generasi kerap menjadi penyebab perselisihan keduanya.

Mengutip penelitian yang diunggah laman Psychology Today, memasak adalah salah satu kegiatan yang dapat mengakrabkan menantu dan mertua. Lewat aktivitas memasak dan menyiapkan makanan, mertua dan menantu dapat saling bercerita tentang banyak hal.

Selain itu, masakan seorang Ibu merupakan pengalaman rasa yang paling diingat seorang anak. Suami tentu paling suka masakan yang dibuat oleh Ibu mertua. Dengan masak bersama, Ibu mertua bisa menurunkan resep rasa yang tak terlupakan ke menantu perempuannya.

Tan Yen Man, Marketing Manager Kecap Sedaap, dalam keterangan tertulisnya kepada Jurnas.com mengatakan, pada tahun ini, di tengah pandemi COVID-19, Kecap Sedaap memilih untuk tetap dekat dengan konsumen melalui kegiatan yang mengadopsi konsep online, bukan kegiatan roadshow ke kota-kota besar seperti yang telah diakukan sebelumnya.

"Hal ini dilakukan karena kami selalu berusaha untuk memberikan yang terbaik kepada masyarakat Indonesia, tak hanya sebatas produk berkualitas namun juga kebahagiaan. Maka dari itu, pada kesempatan ini, kami ingin membantu mempererat hubungan antara menantu dan mertua yang terkadang menjadi sorotan guna menumbuhkan rasa sayang yang lebih besar di dalam suatu keluarga melalui masakan,” ujar Tan Yen.

Kedekatan menantu dan mertua yang tanpa sekat sejatinya bukan hal yang mustahil. Seperti kebersamaan Desiree Tarigan (@mamitoko) dan menantunya Michelle Vania Tedja (@michtedja). Kebersamaan mereka telah menjadi inspirasi hubungan menantu mertua yang suportif dan harmonis.

“Saya bersyukur bisa punya tiga menantu yang baik, dan saya sudah menganggap mereka juga seperti anak sendiri,” ujar Desiree, pemilik foodpreneur Mamitoko.

Hubungan menantu mertua yang akrab juga dirasakan Michelle, istri dari Pria Bukit anak kedua Desiree Tarigan.

“Aku sudah menganggap mamanya Pria mamaku juga. Kami juga hobi memasak dan saling bertukar resep karena mama mertua yang paling tahu rasa yang tak terlupakan untuk makanan suami,” cerita Michelle.

Keakraban Desiree dan Michelle yang banyak menginspirasi menantu mertua Indonesia membuat Kecap Sedaap menjadikan Desiree dan Michelle sebagai Brand Ambassador (BA) Kecap Sedaap Cooking Battle Menantu Mertua.

Kompetisi Kecap Sedaap Cooking Battle Menantu Mertua merupakan kompetisi memasak pertama secara virtual yang digelar di 5 Wilayah di Indonesia yakni: Jakarta, Bandung, Yogyakarta, Surabaya & Bali.

Peserta yang terdiri dari 2 orang perempuan yang memiliki hubungan menantu-mertua akan melewati 4 tahap mulai dari Seleksi, Eliminasi 1, Eliminasi 2, kemudian Final. Pada 3 tahap pertama penjurian akan dilakukan secara online. Sedangkan pada babak final penjurian akan dilakukan secara offline di masing-masing wilayah dan disiarkan secara online, tentunya dengan mengindahkan protokol kesehatan yang ketat. Adapun dua kali tahap eliminasi akan diadakan secara online lewat aplikasi Zoom.

Pada proses seleksi, para peserta akan melalui tahap penyeleksian resep dari calon peserta untuk masuk ke tahap eliminasi 1 melalui aktivitas digital di Instagram. Peserta wajib memposting masakan berkecap dan menceritakan kenapa masakan tersebut berkesan di salah satu akun Instagram anggota.

Periode seleksi peserta pada 5 wilayah di Indonesia adalah sebagai berikut yakni Jakarta (21 September - 3 Oktober), Bandung (21 September - 17 Oktober), Yogyakarta (3 - 31 Oktober), Surabaya (18 Oktober - 14 November), dan Bali: 1 - 28 November).

Pemenang utama di tahap final di masing-masing domisili pilihan yang mendapatkan total skor tertinggi dari penilaian para juri. Peserta yang lolos ke 5 Besar & 15 Besar di masing-masing domisili pilihan akan mendapatkan hadiah dari Panitia Penyelenggara.

Peserta dengan jumlah poin tertinggi akan menjadi Juara Utama Babak Final dan berhak atas hadiah uang senilai 5 Juta Rupiah, Peralatan Masak Senilai 3 Juta Rupiah, Voucher Staycation, dan Trophy.

Peserta yang lolos ke tahap 5 besar berhak mendapat voucher belanja senilai 200.000 rupiah, dan peserta yang berhasil ke tahap 15 besar mendapat voucher belanja senilai 100.000 rupiah.

Lewat kompetisi virtual ini ini, stigma hubungan menantu mertua yang canggung bisa dipatahkan. “Melalui kegiatan cooking battle ini, kami berharap bahwa hubungan antara menantu dan mertua dapat terjalin dengan lebih akrab dan harmonis, sehingga kebahagiaan yang tak terlupakan pun menjadi milik keluarga Indonesia,” pungkas Tan Yen Man.

Saat ini proses audisi Jakarta periode 5 – 11 Oktober sedang berjalan. Kecap Sedaap Cooking Battle Menantu Mertua bisa Anda aksikan secara live streaming di Youtube dan Facebook Endeus.tv.

TAGS : Kecap Seedap Menantu Mertua




JURNAS VIDEO :

TERPOPULER :