Minggu, 28/02/2021 08:25 WIB

Pompeo: Amerika Senang Lihat Upaya Irak Lindungi Kedutaan AS

Amerika Serikat senang melihat pemerintah Irak berbuat lebih banyak untuk melindungi kedutaan AS di Baghdad dari milisi Muslim Syiah yang didukung Iran.

Menteri Luar Negeri Amerika Serikat (AS), Mike Pompeo. (Foto: AFP)

Jakarta, Jurnas.com - Menteri Luar Negeri AS Mike Pompeo mengatakan bahwa Amerika Serikat senang melihat pemerintah Irak berbuat lebih banyak untuk melindungi kedutaan AS di Baghdad dari milisi Muslim Syiah yang didukung Iran.

"Kami senang bahwa Irak berbuat lebih banyak untuk memberikan peningkatan keamanan bagi tim kami di lapangan di sana," kata Pompeo dalam konferensi pers Departemen Luar Negeri, dilansir Middleeast, Kamis (15/10).

Washington, yang perlahan-lahan mengurangi 5.000 tentaranya di Irak, bulan lalu mengancam akan menutup kedutaannya kecuali jika pemerintah Irak mengendalikan milisi yang berpihak pada Iran yang telah menyerang pasukam AS dengan roket dan bom pinggir jalan.

Seorang juru bicara Kataib Hezbollah, salah satu kelompok milisi paling kuat yang didukung Iran di Irak, pada hari Minggu mengatakan pihaknya telah menangguhkan serangan roket terhadap pasukan AS dengan syarat bahwa pemerintah Irak memberikan jadwal untuk penarikan pasukan Amerika.

Ditanya apakah Amerika Serikat melihat pengumuman itu sebagai kemajuan dan apakah itu masih akan menindaklanjuti ancamannya untuk menutup kedutaan, Pompeo tidak secara khusus menjawab tetapi terdengar ragu tentang deklarasi gencatan senjata milisi.

"Kami memiliki sekelompok milisi nakal yang sekarang telah berjanji untuk tidak melanggar kedaulatan rakyat Irak dan membidik para diplomat AS yang bertugas di sana yang dirancang untuk membantu rakyat Irak," katanya.

Peringatan AS menimbulkan kekhawatiran di Irak, di mana itu dipandang sebagai langkah menuju serangan udara, yang berpotensi mengubah Irak menjadi medan pertempuran dalam perang proksi antara Amerika Serikat dan Iran. Sejumlah besar politisi meminta milisi untuk berhenti memprovokasi Amerika

TAGS : Mike Pompeo Amerikat Serikat Pemerintah Irak Kedutaan AS




JURNAS VIDEO :

TERPOPULER :