Kamis, 29/10/2020 21:26 WIB

Indonesia Modification Expo 2020 Dilaksanakan Sukses

Jumlah penonton yang check in adalah 27.658 ribu orang yang datang dari 69 kota di Indonesia, juga datang dari Amerika, Belanja, juga Jepang

Ketua MPR Bambang Soesatyo Hadiri Pembukaan IMX 2020 (NMAA)

Jakarta, Jurnas.com – Indonesia Modification Expo (IMX) 2020 telah diselenggarakan pada akhir pekan kemarin secara virtual. IMX merupakan event expo tahunan yang digagas National Modificator & Aftermarket Association (NMAA) dengan tujuan menggerakkan dan menggairahkan industri modifikasi Indonesia, sekalipun di kondisi pandemi.

Tahun ini adalah kali ketiga perhelatan expo modifikasi pertama dan terbesar di Tanah Air tersebut, meski dilaksanakan secara online. Karena itu IMX 2020 bisa ditonton pengunjung dari mana saja untuk menyiasati kondisi pandemi saat ini.

Tercatat 33 ribu tiket online IMX 2020 terjual, di mana jumlah penonton yang check in adalah 27.658 ribu orang yang datang dari 69 kota tersebar di Indonesia, juga datang dari beberapa kawasan di Amerika, Belanja, juga Jepang.

“Sebagai penyelenggara kami berusaha untuk selalu konsisten mengadakan IMX setiap tahun. Meski 2020 ini kondisi pandemi belum berakhir, membuat kami berusaha untuk beradaptasi dengan semua kebiasaan baru termasuk mengalihkan penyelenggaraan IMX menjadi virtual. Hal tersebut didorong dari banyaknya permintaan teman-teman aftermarket dan modifikasi yang memiliki tekad sama untuk tetap berkarya dan memandang situasi pandemi justru bukan menjadi rintangan, tetapi menjadi peluang yang bisa diatasi dengan bekerjasama,” ujar Andre Mulyadi selaku IMX Project Director.

Kementerian Perindustrian Republik Indonesia (Kemenperin RI) setiap tahun selalu mendukung IMX sebagai salah satu pendorong perkembangan dunia otomotif Tanah Air. Tahun ini Kemenperin RI melakukan beberapa aktivasi online di IMX 2020 seperti Gelis Tuner Competition, AMMDes Digimodz #2, serta sosialisasi Rancangan Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia (RSKKNI) Modifikator.

“IMX adalah pameran otomotif satu-satunya yang diselenggarakan di masa Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) dengan menggabungkan online dan offline event (hybrid). Konsep seperti IMX ini bisa menjadi inspirasi bagi penyelenggaraan pameran lainnya di Indonesia. Sejalan dengan perkembangan industri kendaraan bermotor, sektor modifikasi juga mengalami perkembangan sangat positif. Indikator munculnya expo seperti IMX yang memicu perkembangan produk-produk dan bengkel modifikasi. Membuktikan bahwa modifikator Indonesia tidak kalah. Selamat atas terselenggaranya IMX 2020, saya meyakini acara ini dapat terus berkembang dan menjadi sarana untuk menunjukkan state of the art kreativitas dan kemampuan anak bangsa. Kami Kemenperin RI akan selalu mendukung,” kata Agus Gumiwang Kartasasmita, Menteri Perindustrian Republik Indonesia dalam sambutannya untuk pembukaan IMX 2020.

Sementara itu Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR RI), Bambang Soesatyo hadir membuka serta menyambut baik terselenggaranya IMX 2020.

"Menurut saya IMX 2020 adalah kegiatan yang luar biasa karena berani menerobos dengan inspirasi event virtual seperti ini. Menginspirasi bahwa pandemi tidak malah membuat kita diam, tidak boleh menyerah dengan keadaan saat ini. Luar biasa,” bilang Bamsoet yang dalam kesempatan ini membuka penyelenggaraan IMX 2020 Virtual Event.

Pabrikan Mobil di IMX 2020

PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) selaku Agen Pemegang Merek mobil Suzuki di Indonesia menggebrak gelaran IMX 2020 dengan 2 model baru. Kedua line up produk terbaru tersebut adalah Suzuki Karimun Wagon R 50th Suzuki Indonesia yang dijual terbatas sebanyak 50 unit dan Suzuki XL7 Custom Concept yang tampil lebih eksklusif dengan tampilan modifikasi khas Adventurer SUV.

Suzuki Karimun Wagon R spesial 50th Suzuki Indonesia ini memiliki tampilan eksterior hingga interior mobil spesial dan hanya diproduksi sebanyak 50 unit saja. Sejumlah aksesori baru ditambahkan seperti Front under spoiler, Side under spoiler, Rear under spoiler, Rear upper Spoiler, Front grille lower, black piano & red line accent, Door Mirror cover with turn signal, Black piano door handle, Bezel fog lamp, black piano & red line accent, Side body decal, dan Black doff alloy wheel.

Sementara Suzuki XL7 dibangun bergaya adventure. Dibalut kelir hitam dengan cat Raptor anti gores termasuk penambahan add-on bodykit, lampu utama LED yang diimbuhi DRL, dan dua buah lampu hella yang terpasang di bumper bar. Pada kaki-kaki dipasangi velg HSR Myth 08 SW 277 Ring 17.75 berbalut ban Yokohama Geolandar A/T 285/65. Interiornya sendiri sudah dimodifikasi dengan kulit berlabel logo Suzuki XL7 Custom Concept.

“Kolaborasi Suzuki dengan IMX 2020 berjalan dengan sangat baik. 3 aktivasi Suzuki (launching Karimun Wagon R 50th Anniverssary, Modifikasi XL7 Custom Concept dan Ignis Supergiveaways) berjalan dengan lancar. Kami ucapkan selamat kepada IMX atas penyelenggaraan yang baik di tahun ini dan kami juga ucapkan kepada seluruh pemenang undian terutama saudara Farid yang mendapatkan supergiveaway. Semoga kolaborasi ini bisa di lanjutkan di tahun-tahun mendatang dengan konsep yang lebih dahsyat lagi,” ujar Harold Donner selaku Head of 4W Brand Development & Marketing Research SIS.

IMX Digital Market

Setiap tenant produk dan jasa aftermarket di IMX 2020 memiliki program promosi dalam program IMX Digital Market melalui platform Shopee yang berlangsung dari tanggal 10-11 Oktober. Mulai dari karpet mobil, sticker, car cover, car detailing, lampu, audio, velg, air suspension, kaca film, body kit, sampai mobil baru.

Sekurangnya 37 brand otomotif dan modifikasi berjualan di IMX Digital Market di e-commerce Shopee dengan program potongan harga hingga 50% yang tidak ada di tempat lain.

IMX 2020 mencatatkan kenaikan kunjungan sebesar 548% jika dibandingkan dengan total pengunjung acara IMX yang telah terselenggara secara offline tahun lalu. Hal ini menjadi bukti bahwa berbagai halangan, yang dalam konteks ini adalah pandemi, bisa teratasi jika seluruh pemangku kepentingan saling bahu-membahu.

IMX Digital Market di Shopee Indonesia menjadi solusi terbaik untuk memberikan sorotan terhadap para para pelaku modifikasi dan aftermarket di Indonesia untuk tetap bisa eksis bahkan mencatatkan rekor penjualan yang cukup signifikan.

Live Modz 2020

Fitra Eri Kembali jadi Jawara LiveModz di IMX 2020 (NMAA)

Kompetisi kreativitas modifikasi 3 “Car Enthusiast” antara Ridwan Hanif Rahmadi, Fitra Eri, dan MotoMobi dalam memodifikasi mobil eks taksi dijurikan dan diumumkan dalam IMX 2020. Dewan juri yang terdiri dari para praktisi dan pengamat otomotif mendaulat karya modifikasi Fitra Eri dengan tema Sultan Taxi menjadi juaranya.

Karya Fitra Eri dipilih karena memiliki tema dan finishing terbaik, serta dari seluruh konsepnya berfungsi dengan baik. Konsep Sultan Taxi mengadopsi semua fitur dan perangkat yang sesuai dengan peruntukkannya. Misalnya aplikasi single jok mewah di belakang, menambahkan leg room dengan memangkas jok kiri depan, membuat partisi pengemudi, serta sistem in-cartainment yang canggih.

“Team Fitra Eri berhasil membuktikan kualitas dan fungsionalitas serta tentunya konsep yang sangat kuat, karena kami menjurikan sangat detail beberapa jam sebelum live show IMX dimulai, kami juga menemukan ada partisipan yang beberapa sektor modifikasinya tidak berfungsi,” ujar Erwin, salah satu juri LiveModz 2020.

Sebagai pemenang bertahan sejak tahun lalu, Fitra Eri kembali berhak mendapatkan piala Live Modz 2020 dan membawa pulang mobil para kompetitornya yang saat ini dijual di platfrom momobil.id.

AMMDes Digimodz #2

Kegiatan yang diinisiasi Kemenperin RI dalam mendorong peran masyarakat luas terhadap pengembangan Alat Mekanis Multiguna Pedesaan (AMMDes) mengumumkan karya AMMDes Sanitary Solution buatan Irvan Adipratama sebagai pemenangnya.

Konsep kendaraaan tersebut adalah sebagai sarana penyedia air bersih yang masih belum merata di sejumlah wilayah desa. Menghadapi musim hujan, kemarau bahkan pancaroba kerap jadi salah satu masalah krusial. Terlebih air bersih dapat digunakan untuk beraktivitas sehari-hari oleh masyarakat.

Dalam keterangannya, AMMDes buatannya akan memuat teknologi penjernih air dan bak penyimpanan. Nantinya masyarakat pedesaan akan lebih mudah mendapat akses air bersih, sekaligus menginspirasi penyedia layanan air bersih agar dapat menghadirkan teknologi penjernih air mobile. Selain menonjolkan fungsi, AMMDes buatannya juga dibuat dengan gaya mobil balap reli dakar.

Indonesian Pride

IMX 2020 menjadi wadah bermunculannya produk-produk aftermarket baru setiap tahunnya. Pada 2020 ini KARMA Bodykit kembali dengan lineup terbarunya, KARMA Cayman untuk Porsche Cayman 987.2 yang merupakan model ketiga KARMA Bodykit yang diluncurkan secara worldwide melalui IMX.

Dalam paket penjualannya terdiri dari bumper depan, bumper lips, side skirt bumper belakang, fender, over vender, dan wing spoiler. Di mana desain agresif khas KARMA Bodykit dengan air dam besar serta lekukan khas di ujung-ujung bumper dan side skirt tetap dipertahankan yang membuatnya berbeda dengan produk body kit lainnya. Semua fungsi dan performa body kit ini sudah diperhitungkan secara matang, termasuk pemasangannya yang plug and play.

KARMA Cayman dirilis di IMX 2020 (NMAA)

KARMA Cayman dijual seharga 4.000 dolar Amerika Serikat dan saat ini sudah masuk dua pesanan dari dalam dan luar negeri untuk body kit tersebut.

Sementara itu terdapat body kit PROJECT J yang merupakan kolaborasi Musa Tjahjono, Head of Designer rumah modifikasi West Coast Customs dengan Pengepul Mobil, seorang builder spesialis mobil-mobil JDM legendaris, Pengepul Mobil.

Kolaborasi keduanya adalah membuat paket wide body kit untuk Honda Civic Nouva (EF) hatchback atau Civic Generasi keempat yang beredar medio 1987-1991. Paketnya terdiri dari front bumper, front lip, front widebody fenders, side skirts, rear widebody fenders, serta rear bumper with diffuser yang dijual seharga 2.500 dolar Amerika Serikat.

Widebody kit ini akan diproduksi secara eksklusif dan dipasarkan ke seluruh dunia dan dikerjakan sepenuhnya di dalam negeri. Sistem pembeliannya melalui pesanan terlebih dahulu via Instagram direct message ke akun @pengepul_mobil.

Tidak hanya itu saja, produk lainnya seperti: DnZ Wheel, velg lokal yang sangat populer karya Garasi Drift juga berhasil memecahkan rekor penjualan, dalam kurun waktu beberapa jam saja, penjualan gelombang pertama velg ini sejumlah 25 set di marketplace Shopee Indonesia habis terjual.

Pemenang Supergiveaway

Sebagai bagian dari konten IMX setiap tahunnya, pengundian hadiah Supergiveaway adalah yang dinanti-nanti para pengunjung. Semua pengundian hadiah MX 2020 sudah sesuai dengan peraturan undian yang berlaku di Indonesia dan diawasi oleh Kementrian Sosial, Dinas Sosial, Notaris, dan Kepolisian Republik Indonesia. Setiap pengunjung/penonton #IMX2020 yang memiliki tiket Giveaway/Supergiveaway memiliki kesempatan yang sama untuk mendapatkan hadiah undian, karena kegiatannnya bersifat online, proses segel, pemeriksaan semua dikerjakan oleh pihak yang berwajib sehingga semua dipastikan sesuai prosedur dan perundangan yang berlaku.

Tahun ini kami mengucapkan selamat kepada Farid Wahyu Nugroho dari Bintaro, Tangerang Selatan yang berhasil membawa pulang Supergiveaway #IMX2020 berupa Suzuki Ignis “Time Attack” by Garasi Drift. Juga selama kepada Akmal Fuadi dari Bukittinggi, Sumatera Barat yang beruntung mendapatkan Supergiveaway Skuter Listrik Custom by Alitt Susanto dan Katros Garage.

 

TAGS : IMX 2020 NMAA Bambang Soesatyo




JURNAS VIDEO :

TERPOPULER :