Kamis, 29/10/2020 20:24 WIB

Investasi Luar Angkasa Turki Kian Meningkat

Investasi luar angkasa Turki akan terus tumbuh dan negara itu akan dapat menempatkan satelitnya sendiri di orbit.

stasiun luar angkasa (foto: UPI)

Jakarta, Jurnas.com - Kepala produsen roket Turki (Roketsan), Ikinci mengatakan, investasi luar angkasa Turki akan terus tumbuh dan negara itu akan dapat menempatkan satelitnya sendiri di orbit.

Memperhatikan bahwa Roketsan ditugaskan untuk mewujudkan program luar angkasa Turki pada 2015, Murat Ikinci mengenang bahwa roket luar angkasa pertama negara itu diluncurkan pada 2018, yang menempuh jarak 130 kilometer (80,7 mil).

"Pada akhir tahun ini, kami akan melakukan uji coba baru kami," katanya, seraya menambahkan akan ada pengujian sistem propulsi, sistem kontrol avionik dan manuver, seperti dikutip Yenisafak, Rabu (14/10).

"Target kami selanjutnya adalah menempatkan muatan 100 kilogram ke orbit pada jarak 400 kilometer (248 mil), dan menjadikan Turki negara yang dapat menempatkan satelitnya di orbitnya sendiri," tambahnya.

Untuk alasan ini, kata Ikinci, Roketsan sedang mengembangkan teknologi bahan bakar, menambahkan tujuan utamanya adalah mencapai tahap di mana Turki dapat menyelesaikan pekerjaan semacam itu dengan insinyur, ekosistem, dan mitranya sendiri.

Dia juga mengatakan bahwa program luar angkasa membutuhkan sumber daya senilai miliaran dolar dan bahwa negara telah mengalokasikan dana di bidang ini selama lima hingga enam tahun terakhir.

Roketsan didirikan pada tahun 1988 untuk merancang, mengembangkan, dan memproduksi roket dan rudal.

TAGS : Investasi Luar Angkasa Pemerintah Turki




JURNAS VIDEO :

TERPOPULER :