Senin, 30/11/2020 03:12 WIB

Takut Dirobohkan Demonstran, Meksiko Pindahkan Patung Christopher Columbus

Pihak berwenang mengepung patung Columbus kedua dengan pagar logam (Gustavo Graf / Reuters)

Jurnas.com, Kota Meksiko - Pemerintah Meksiko memindahkan patung perunggu Christopher Columbus yang terkemuka dan mengelilingi patung lainnya dengan pagar logam tinggi menjelang protes tahunan yang menandai kedatangan penjelajah di Amerika pada tahun 1492.

Patung navigator Italia abad ke-15 yang telah dipindahkan, bersama dengan empat biarawan Katolik, menjulang di salah satu lingkaran lalu lintas utama Kota Meksiko selama beberapa dekade.

Beberapa patung penjelajah, yang ekspedisinya didanai Spanyol membuka pintu untuk penaklukan Eropa atas Amerika, telah disingkirkan di kota-kota AS setelah protes Black Lives Matter dan pemeriksaan ulang global terhadap kolonisasi dan perbudakan.

Presiden Meksiko, Andres Manuel Lopez Obrador dan Wali Kota Claudia Sheinbaum menyarankan langkah-langkah itu diambil untuk menghindari patung-patung dirusak atau disingkirkan oleh pengunjuk rasa.

"Yang terbaik adalah menyelesaikan perbedaan ini dengan damai, bukan membalas terhadap patung atau patung," kata Lopez Obrador.

Meksiko tidak merayakan 12 Oktober sebagai Hari Columbus, dan ini bukan hari libur nasional. Sebaliknya, hari itu digunakan untuk merayakan budaya Pribumi Meksiko dan ras campuran, atau mestizo, populasi, yang sering ditandai dengan pawai protes besar.

Para pengunjuk rasa meminta perhatian lebih pada genosida dan penindasan kolonial selama berabad-abad yang mengikuti perjalanan Columbus.

Lopez Obrador bersikeras bahwa monarki Spanyol dan Gereja Katolik harus secara resmi meminta maaf atas kekejaman yang dilakukan selama invasi Eropa abad ke-16 di Meksiko.

Sheinbaum mendorong semua untuk secara damai merenungkan warisan Columbus, menambahkan bahwa dia tidak akan membuat keputusan sepihak apakah patung itu akan kembali ke alasnya, menurut surat kabar harian El Universal. (Aljazeera)

TAGS : Patung Christopher Columbus Meksiko Andres Manuel Lopez Obrador




JURNAS VIDEO :

TERPOPULER :