Sabtu, 05/12/2020 15:50 WIB

UEA Jadi Negara Kedua Uji Coba Vaksin Covid-19 Rusia

Uji coba manusia terhadap vaksin COVID-19 Rusia, bernama Sputnik V, akan diadakan di Uni Emirat Arab, 

Seorang teknisi lab melakukan tes saat vaksin bekerja untuk virus corona (COVID-19) pada 07 Oktober 2020 [Lokman ─░lhan / Anadolu Agency]

Jakarta, Jurnas.com - Uji coba manusia terhadap vaksin COVID-19 Rusia, bernama Sputnik V, akan diadakan di Uni Emirat Arab, negara kedua setelah Belarusia yang mengambil bagian dalam program yang hasilnya diharapkan sebelum akhir November.

Vaksin tersebut, pertama kali dilisensikan oleh otoritas Rusia untuk penggunaan domestik pada Agustus, saat ini sedang diuji pada 40.000 sukarelawan di Moskow sebagai bagian dari uji coba tahap akhir yang dikenal sebagai Fase III.

Uji coba di UEA telah menerima persetujuan peraturan dari kementerian kesehatan negara Teluk, dan prosesnya akan didukung oleh penyedia laboratorium lokal PureHealth, dana kekayaan kedaulatan Rusia, yang bertanggung jawab untuk memasarkan vaksin di luar negeri.

“Hasil uji coba UEA akan digabungkan dengan hasil uji coba di Rusia dan negara lain,” Kirill Dmitriev, kepala Dana Investasi Langsung Rusia (RDIF) mengatakan dalam pernyataannya, menambahkan bahwa hasil sementara akan dipublikasikan sebelum akhir November, dilansir Middleeast, Selasa (13/10).

Peserta pertama dalam uji coba akan segera disuntik. RDIF menolak berkomentar tentang berapa banyak orang yang akan menerima job di UEA sebagai bagian dari uji coba atau kapan akan dimulai.

Menteri Kesehatan UEA mengatakan bahwa tingkat keragaman demografis negara Teluk yang tinggi menjadikannya lokasi yang menguntungkan untuk mengadakan uji coba vaksin.

“Orang-orang dari lebih 200 negara tinggal dan bekerja di UEA,” kata AbdulRahman bin Mohammed al-Owais dalam pernyataan yang sama.

Rencana untuk meluncurkan uji coba Fase III Sputnik V di India mengalami kemunduran minggu lalu setelah regulator obat India mengatakan uji coba tahap awal - sudah dilakukan di Rusia - harus dilakukan terlebih dahulu secara lokal.

Sekitar 2.000 orang telah menerima komponen pertama dan kedua dari vaksin Sputnik V sebagai bagian dari uji coba yang berbasis di Moskow

Rusia juga berencana meluncurkan uji coba manusia di Venezuela dalam waktu dekat. Telah diumumkan bahwa Brasil juga mengharapkan untuk mengadakan uji klinis, menunggu persetujuan peraturan.

TAGS : Vaksin Covid-19 Rusia Uni Emirat Arab Uji Coba




JURNAS VIDEO :

TERPOPULER :