Jum'at, 04/12/2020 12:24 WIB

China Disebut Jebak Warga Taiwan

China harus berhenti mencoba menjebak warga Taiwan, dewan menambahkan, dengan mengatakan menempatkan Lee di televisi bertentangan dengan proses hukum.

Para penjaga kehormatan melakukan upacara penurunan bendera nasional Taiwan di Liberty Square, saat penyebaran COVID-19 berlanjut, di Taipei, Taiwan pada 1 April 2020. (Foto: Reuters / Ann Wang / Files)

Beijing, Jurnas.com - Taiwan mengecam China, dengan alasan penjebakan dan manipulasi. Itu disampaikan setelah televisi pemerintah China menayangkan film dokumenter yang menunjukkan seorang warga negara Taiwan mengaku mengunjungi Hong Kong untuk mendukung pengunjuk rasa antipemerintah.

China berulang kali mengecam Taipei karena menawarkan dukungan kepada gerakan protes Hong Kong yang dikelola China, dengan mengatakan kekuatan Taiwan dan kemerdekaan Hong Kong sedang berkolusi.

Taiwan mengatakan memiliki kewajiban untuk membela demokrasi dan hak asasi manusia.

Pada Minggu (11/10) malam, televisi China menayangkan film dokumenter yang merinci apa yang dikatakannya sebagai pengakuan Morrison Lee, yang ditangkap polisi di Shenzhen, berbatasan dengan Hong Kong, tahun lalu, karena dicurigai melanggar undang-undang keamanan nasional.

Televisi tersebut mengatakan Lee pergi ke Hong Kong untuk mendukung para pengunjuk rasa, dan kemudian pergi ke Shenzhen untuk secara diam-diam merekam polisi paramiliter China.

"Saya sangat menyesal. Saya melakukan banyak hal buruk dan salah di masa lalu, mungkin merugikan ibu pertiwi dan negara," kata Lee dalam program tersebut, mengenakan pakaian penjara.

Di Taipei, Dewan Urusan Daratan menyebutfilm dokumenter tersebut benar-benar tidak masuk akal.

"Ini adalah politik jahat yang meningkat di sisi lain, menjebak salah satu orang kami untuk terlibat dalam kegiatan mata-mata, dengan sengaja merusak hubungan di seluruh Selat Taiwan," katanya.

China harus berhenti mencoba menjebak warga Taiwan, dewan menambahkan, dengan mengatakan menempatkan Lee di televisi bertentangan dengan proses hukum.

Kelompok hak asasi manusia dan pemerintah Barat telah menyatakan kemarahannya pada China untuk kasus sebelumnya di mana tersangka telah ditempatkan di televisi pemerintah untuk mengaku sebelum persidangan mereka.

Tuduhan mata-mata itu muncul ketika hubungan antara Taipei dan Beijing terus menukik, dengan China meningkatkan latihan militer di dekat pulau itu dalam beberapa pekan terakhir.

Taiwan mengatakan tidak akan memprovokasi China atau mencari perang, tetapi akan mempertahankan diri dan membela cara hidupnya yang demokratis. (Reuters)

TAGS : Film Dokumenter Hong Kong Menjebak Warga Taiwan China




JURNAS VIDEO :

TERPOPULER :