Rabu, 24/04/2024 19:05 WIB

Xi Jinping akan Sampaikan Pidato di Shenzhen, Carrie Lam Hadir?

Lam mengatakan akan ke Beijing akhir bulan ini dan bertujuan untuk menahan pidato kebijakannya pada akhir November.

Presiden China, Xi Jinping, juga sekretaris jenderal Partai Komunis China Central Committee dan ketua Komisi Militer Pusat, menghadiri sebuah pertemuan besar dalam rangka memperingati 90 tahun berdirinya Tentara Pembebasan Rakyat (PLA) di Aula Besar Rakyat Di Beijing, China, 1 Agustus 2017 ( Foto:Xinhua)

Shenzhen, Jurnas.com - Presiden Tiongkok, Xi Jinping akan menyampaikan pidato di Shenzhen pada Rabu (14/10) untuk menandai peringatan pembentukan zona ekonomi khusus pertama Tiongkok di kota selatan 40 tahun lalu. Demikian kata Xinhua pada Senin (12/10).

Pemimpin Hong Kong, Carrie Lam, kemudian mengataka akan menunda pidato kebijakan tahunannya yang dijadwalkan pada Rabu dan pergi ke Shenzhen sebagai gantinya, meskipun mengatakan tidak ada pertemuan dengan Xi dijadwalkan.

Lam mengatakan akan ke Beijing akhir bulan ini dan bertujuan untuk menahan pidato kebijakannya pada akhir November.

Pada Minggu, pemerintah pusat China mengumumkan langkah-langkah untuk memberi Shenzhen kendali yang lebih besar atas penggunaan lahan, yang dimaksudkan untuk mendorong investasi asing di sektor teknologi, sekaligus mengurangi birokrasi dalam energi dan telekomunikasi.

Salah satu landasan uji coba untuk reformasi yang memacu pertumbuhan pesat China selama empat dekade terakhir, Partai Komunis China menyebut Shenzhen sebagai simbol gemerlap kemunculan China sebagai kekuatan ekonomi global.

Xinhua tidak memberikan rincian pidato Xi tetapi kemungkinan akan menyentuh integrasi lebih lanjut dari Greater Bay Area, wilayah yang mencakup Hong Kong, Makau, dan sembilan kota di provinsi Guangdong China, termasuk Shenzhen. (Reuters)

KEYWORD :

Tiongkok Xi Jinping Hong Kong Carrie Lam zona ekonomi khusus




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :