Selasa, 01/12/2020 06:56 WIB

Tanker Iran Angkut Minyak Mentah dari Venezuela

Kapal itu tiba di Venezuela dan memuat minyak mentah tanpa mengirimkan lokasinya

Kapal Iran, Bavand terlihat di dekat pelabuhan Paranagua, Brasil 18 Juli 2019. (Foto: Reuters)

Caracas, Jurnas.com - Sebuah kapal tanker minyak berbendera Iran meninggalkan Venezuela pada Jumat (9/10) menuju Pulau Kharg Iran.

Menurut data Refinitiv Eikon, kapal itu memuat 1,9 juta barel minyak mentah dari terminal minyak Jose, Venezuela.

Pengiriman itu menandai contoh kerja sama terbaru antara kedua negara OPEC tahun ini, ketika mereka meningkatkan hubungan komersial untuk mencoba menyelamatkan industri minyak masing-masing, yang keduanya berada di bawah tekanan kuat dari sanksi AS.

Pengangkut minyak mentah yang sangat besar (VLCC), terdaftar di database pengiriman dengan nama Horse, mengeluarkan 2,1 juta barel kondensat Iran untuk digunakan sebagai pengencer produksi minyak ekstra berat Venezuela pada September.

Keduanya lalu memuat minyak mentah berat Merey, kelas andalan Venezuela, untuk diekspor berdasarkan kesepakatan antara perusahaan minyak milik negara Petroleos de Venezuela dan Perusahaan Minyak Nasional Iran (NIOC), menurut sumber PDVSA.

PDVSA menyebut kapal itu sebagai "Master Honey" dalam jadwal ekspor internalnya, yang dikonfirmasi oleh Reuters.

Kapal itu tiba di Venezuela dan memuat minyak mentah tanpa mengirimkan lokasinya, seperti yang dipersyaratkan dalam hukum pelayaran internasional dalam banyak kasus, hingga sekitar pukul 2 pagi Jumat, data pelacakan kapal Refinitiv Eikon menunjukkan.

PDVSA tidak menanggapi permintaan komentar. Jadwal ekspornya tidak mencantumkan kargo tujuan kargo.

Banyak kapal tanker minyak telah mengubah nama mereka dan bahkan perusahaan pengelola mereka setelah mengunjungi pelabuhan Venezuela tahun ini untuk menghindari sanksi AS, menurut pendaftar pengiriman publik dan data Refinitiv Eikon.

Amerika Serikat telah memberikan sanksi kepada PDVSA sebagai bagian dari serangkaian tindakan untuk mencoba menggulingkan Presiden Venezuela Nicolas Maduro. Itu telah menjatuhkan sanksi pada industri minyak Iran untuk mencoba menggagalkan program nuklir negara itu.

Washington tidak mengambil tindakan apa pun untuk mengganggu perjalanan Master Honey, atau armada terpisah dari tiga kapal tanker Iran yang membawa bahan bakar ke Venezuela yang kekurangan bensin minggu lalu.

TAGS : Kapal tanker Iran Minyak Mentah Venezuela




JURNAS VIDEO :

TERPOPULER :