Selasa, 01/12/2020 06:18 WIB

Goeslow, Bersepeda Ria Sambil Kampanye Protokol Kesehatan

Di sepanjang jalan, Goeslow mengkampanyekan agar pesepeda lain tetap menjalankan protokol kesehatan.

Komunitas Goeslow (Gowes Slow) ramaikan tren bersepeda selama masa pandemi Covid-19

Jakarta, Jurnas.com - Pandemi Covid-19 yang merebak sepanjang 2020 membuat animo masyarakat untuk bersepeda semakin meningkat.

Selain untuk menjaga kesehatan dan meningkatkan imunitas, masyarakat ramai bersepeda sembari mengisi waktu luang karena banyak kegiatan yang dibatasi selama masa pandemi. Menghilangkan bosan menjadi salah satu alasan publik gandrung bersepeda belakangan ini.

Komunitas Goeslow (Gowes Slow) menjadi salah satu komunitas anak muda yang ikut meramaikan tren bersepeda selama masa pandemi.

Komunitas yang berbasis di Tangerang, Banten ini rutin bersepeda tiap pekan guna menjaga kesehatan dan meningkatkan imunitas agar terhindar dari wabah virus covid-19, tentunya dengan tetap menjalankan disiplin protokol kesehatan.

Cofounder Goeslow, Fikri Firmansyah mengatakan, Goeslow terbentuk pada akhir 2019. Awalnya, sekumpulan orang yang memiliki minat yang sama dalam bersepeda dan berdomisili di sekitaran Tangerang Raya.

Ia menceritakan, saat awal masa pandemi, kegiatan Goeslow sempat terhenti karena diberlakukan pembatasan sosial berskala besar (PSBB).

Kemudian saat tren bersepeda menanjak dan PSBB sempat dilonggarkan, Goeslow kembali aktif dan mengajak orang-orang yang sedang "terjebak" tren bersepeda untuk tetap gowes dalam suasana Adaptasi New Normal.

Artinya gowes dengan selalu menjalankan disiplin protokol kesehatan: Menjaga jarak, memakai masker, dan rutin cuci tangan.


"Kita gowes cari sehat, jadi tetap harus menjaga diri dan lingkungan, jalankan protokol kesehatan agar terhindar dari Covid-19, mari semua tetap disiplin agar pandemi bisa cepat berlalu," ujar pria yang akrab disapa Kipli ini, Senin (5/10).

Walau berbasis di Tangerang, daya jangkau Goeslow dalam bersepeda sampai ke luar kota, khususnya tiap awal bulan. Dan sepanjang jalan, Goeslow mengkampanyekan agar pesepeda lain tetap menjalankan protokol kesehatan.

Cofounder Goeslow yang lain, Gunawan, menuturkan sejak pertengahan 2020, Goeslow sudah bersepeda hingga ke Bogor, Jakarta Selatan, Jakarta Utara, Depok, Jawa Barat dan Tanjung Pasir, pesisir Banten.

"Kalau rutinnya, tiap Sabtu dan Minggu teman-teman di Goeslow biasa bersepeda di wilayah Alam Sutera Tangerang, Lippo Karawaci, dan sekitaran Summarecon," tutur Gunawan.


Goeslow berbasis di Tangerang, tepatnya di Jalan Pajajaran Raya, Nomor 1, Kota Tangerang, di Haye Coffee.

"Bila teman-teman di Tangerang tertarik untuk bersepeda bersama Goeslow, bisa datang ke base kita untuk berkenalan. Tapi ingat, bersepeda bersama Goeslow harus disiplin protokol kesehatan dan berani mengingatkan pesepeda lain untuk bersama menjalankan protokol sesuai arahan pemerintah," tuntas Kipli.

TAGS : Goeslow Covid-19 Adaptasi New Normal




JURNAS VIDEO :

TERPOPULER :