Sabtu, 27/02/2021 13:12 WIB

PKB Berhasil Tanamkan Bhinneka Tunggal Ika dalam Resolusi Global CGI

Para petinggi parpol anggota CDI dan perwakilan sebagian negara memberi apresiasi kepada PKB atas usulan dalam resolusi itu.

Khatib Aam PBNU KH Yahya Cholil Staquf.

Jakarta, Jurnas.com - Resolusi yang diusulkan Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) tentang solidaritas dan toleransi antar-agama telah diterima dan menjadi sikap Centrist Democrat International (CDI) atau koalisi partai politik internasional.

Khatib Aam PBNU KH Yahya Cholil Staquf menuturkan, resolusi untuk mempromosikan solidaritas dan saling menghormati di antara beragam masyarakat, budaya, dan bangsa di dunia itu diajukan sebagai usulan dari Komite Eksekutif CDI.

"Sebelum Pertemuan Komite Eksekutif digelar, kami dihubungi dan dimintai pandangan tentang hal-hal penting yang perlu diangkat. Komite Eksekutif lantas meminta kami menyusun rancangan resolusinya. Alhamdulillah resolusi diterima secara aklamasi," kata duta PKB untuk CDI itu dalam keterangannya, di Jakarta, Senin (5/10/2020).

Yahya Staquf menuturkan, para petinggi parpol anggota CDI dan perwakilan sebagian negara mengucapkan terimakasih dan memberi apresiasi kepada PKB atas usulan dalam resolusi itu.

Ia pun menegaskan bahwa resolusi CDI terkait toleransi antar-agama yang diusulkan PKB menjadi bukti bahwa Indonesia punya idealisme yang nyata dan diterima secara global, yakni Bhinneka Tunggal Ika.

"Bhinneka Tunggal Ika adalah nilai fundamental yang paling dibutuhkan untuk diterima sebagai konsensus global saat ini," ungkap Yahya.

Diterimanya usulan PKB dalam resolusi CDI ini juga menjadi berkah dari doa para kiai. Sebab tiga tahun lalu, Yahya Staquf mengaku dapat wejangan dari almarhum KH Maimun Zubair secara pribadi, bahwa Indonesia harus mampu memberi teladan kepada dunia tentang Bhinneka Tunggal Ika. Dan sekarang terbukti.

Yahya juga memaparkan, perkembangan dunia dewasa ini terus bergerak menuju hadirnya suatu peradaban global yang tunggal dan saling bercampur.

Agar pergerakan perubahan ini berjalan secata damai dengan keragaman yang ada, diperlukan tata dunia yang dilandaskan pada aturan dan hukum serta konsensus atas nilai-nilai keadaban bersama. Di sinilah, usulan PKB menjadi solusi yang diterima secara global.

TAGS : CDI Partai Kebangkitan Bangsa Toleransi Antar-Agama Yahya Cholil Staquf




JURNAS VIDEO :

TERPOPULER :