Senin, 18/01/2021 07:16 WIB

Ajudan Positif Corona, Trump dan Ibu Negara Ikut Dikarantina

Positifnya Hicks merupakan alarm lain bahwa COVID-19 terus menyebar, bahkan ketika Trump berusaha mati-matian untuk menunjukkan bahwa penyakit yang menyerang sistem pernapasan tersebut tidak lagi menimbulkan bahaya.

Melania Trump (R) dan Donald Trump

Washington, Jurnas.com - Presiden Amerika Serikat (AS), Donald Trump dan ibu negara, Melania Trump memulai proses karantina sembari menunggu hasil tes virus corona baru (COVID-19).

Dilansir dari AFP, keputusan karantina harus dilakukan setelah ajudan utama kepresidenan, Hope Hicks dinyatakan positif terkena virus COVID-19 pada Kamis (1/10).

Hicks bepergian dengan presiden beberapa kali minggu ini, termasuk di atas Marine One, helikopter kepresidenan, dan di Air Force One untuk melakukan unjuk rasa di Minnesota Rabu, dan di atas Air Force One untuk menghadiri debat presiden pertama pada Selasa malam di Cleveland.

"Ibu Negara dan saya sedang menunggu hasil tes kami. Sementara itu, kami akan memulai proses karantina kami," tulis Trump di akun Twitternya pada Kamis malam (1/10). 

Pejabat administrasi yang meminta tidak disebutkan namanya mengatakan, Hicks mulai merasakan gejala ringan selama perjalanan pulang dengan pesawat dari rapat umum di Minnesota pada Rabu malam (30/9).

Hicks dikarantina jauh dari orang lain di pesawat dan diagnosisnya dikonfirmasi Kamis (1/10).

Hicks, yang menjabat sebagai penasihat Trump, juga melakukan perjalanan bersama Trump ke debat presiden pertama di Cleveland pada Selasa (29/9). Ia adalah pejabat Gedung Putih terdekat dengan Trump yang dinyatakan positif terkena virus sejauh ini.

Positifnya Hicks merupakan alarm lain bahwa COVID-19 terus menyebar, bahkan ketika Trump berusaha mati-matian untuk menunjukkan bahwa penyakit yang menyerang sistem pernapasan tersebut tidak lagi menimbulkan bahaya.

Beberapa staf Gedung Putih tercatat positif terkena COVID-19, termasuk Katie Miller, sekretaris pers Wakil Presiden Mike Pence, penasihat keamanan nasional Robert O`Brien, dan salah satu petugas keamanan pribadi presiden.

Kimberly Guilfoyle, yang berpacaran dengan putra tertua Trump, Donald Trump Jr., dinyatakan positif di South Dakota sebelum pertunjukan kembang api Hari Kemerdekaan di Mount Rushmore.

Sejak muncul awal tahun ini, Trump, Gedung Putih, dan tim kampanyenya meremehkan ancaman tersebut dan menolak untuk mematuhi pedoman kesehatan masyarakat dasar, termasuk yang dikeluarkan oleh pemerintahannya sendiri, seperti mengenakan masker di depan umum dan mempraktikkan jarak sosial.

Sebaliknya, Trump terus mengadakan kampanye yang menarik ribuan pendukung. Virus ini telah membunuh lebih dari 200.000 orang AS dan menginfeksi lebih dari 7 juta orang di seluruh negeri.

Gedung Putih sebelumnya tidak menanggapi beberapa pertanyaan tentang terakhir kali Trump diuji dan apakah dirinya dan staf lain yang menghabiskan waktu bersama Hicks dalam beberapa hari terakhir akan diminta untuk karantina.

 

TAGS : Donald Trump Amerika Serikat Melania Trump positif virus corona Hope Hicks




JURNAS VIDEO :

TERPOPULER :