Kamis, 22/10/2020 13:25 WIB

Vietnam Sebut Latihan Militer China Rusak Perundingan COC

China memulai lima latihan militer secara bersamaan di berbagai bagian pantainya, termasuk dua latihan di dekat Kepulauan Paracel yang juga diklaim oleh Vietnam.

Kapal nelayan Tiongkok di Laut China Selatan. (Foto: The Star)

Hanoi, Jurnas.com -  Vietnam mengatakan, latihan militer yang dilakukan minggu ini oleh Beijing di Laut China Selatan akan merusak negosiasi tentang kode etik (Code of Conduct/CoC) maritim regional untuk perairan yang disengketakan.

"Latihan tersebut dapat mempersulit upaya untuk memulai kembali pembicaraan tentang kode yang telah lama ditunggu antara China dan Perhimpunan Bangsa-Bangsa Asia Tenggara (ASEAN)," juru bicara Kementerian Luar Negeri Vietnam, Le Thi Thu Hang pada Kamis (1/10).

Awal pekan ini, China memulai lima latihan militer secara bersamaan di berbagai bagian pantainya, termasuk dua latihan di dekat Kepulauan Paracel yang juga diklaim oleh Vietnam.

"Dimulainya kembali perundingan COC setelah jeda cukup lama karena pandemi virus corona (COVID-19) menjadi prioritas negara-negara ASEAN dan China," kata Hang.

"Vietnam berbagi prioritas itu dan berharap untuk menyelesaikan COC dengan cara yang efektif dan komprehensif sejalan dengan hukum internasional," sambungnya Hang.

China, yang selama bertahun-tahun terjebak dalam sengketa maritim dengan negara-negara pesisir lainnya di Laut China Selatan, dalam beberapa bulan terakhir meningkatkan kehadirannya dan mengadakan latihan di bagian jalur air strategis yang disengketakan, pada saat penggugat lain sedang berjuang melawan wabah COVID-19.

Amerika Serikat (as) menuduh China menindas tetangganya, sementara Beijing mengatakan Washington dan sekutu Baratnya telah mengganggu dan membahayakan keamanan dengan mengirim kapal angkatan laut ke wilayah tersebut.

Pada Agustus, Vietnam mengatakan kehadiran pembom China di kepulauan Paracel "membahayakan perdamaian".

Hang mengatakan, Vietnam menuntut China menghormati kedaulatannya dan tidak mengulangi latihan semacam itu di daerah tersebut.

COC telah menjadi tujuan ASEAN dan China selama hampir dua dekade, tetapi pakar keamanan regional telah mempertanyakan ketulusan China untuk menyelesaikannya dan meragukan apakah perjanjian yang mengikat secara hukum dapat dibuat. (Reuters)

TAGS : Laut China Selatan Latihan Militer Laut Sengketa Vietnam Amerika Serikat




JURNAS VIDEO :

TERPOPULER :