Kamis, 18/04/2024 09:59 WIB

Suasana Sekitar Mempengaruhi Selerah Makan?

studi mengungkapkan bahwa tingkat kenikmatan kita saat makan di rumah makan, bergantung pada tingkat kebisingan lingkungan tempat makan kita.

Makan di tempat umum, seperti di rumah makan pasti tidak terlepas dengan suasana keadaan di lingkungan sekitar

jurnas.com – Makan ditempat umum tentu menjadi salah satu kebiasaan favorit yang dilakukan setiap kalangan didunia. Mencoba menu baru, sambil bercanda & mengobrol dengan kerabat atau sekedar menikmati suasana sekeliling saat makan menjadi alasan kita makan ditempat umum ketimbang dirumah.

Namun ternyata, studi mengungkapkan bahwa tingkat kenikmatan kita saat makan di rumah makan, bergantung pada tingkat kebisingan lingkungan tempat makan kita.

Ahli akustik di Universitas Flinders Australia menginvestigasi pengalaman konsumen saat makan dibawah pengaruh tingkat dan jenis kebisingan lingkungan makan mereka.  Sebenarnya, rasa dan bau akan menu yang dikonsumsi berperan penting dalam menentukan tingkat kenikmatan mengonsumsi makanan tersebut.

Namun hasil riset ingin mencari tahu apakah faktor lain seperti tingkat kebisingan lingkungan dapat merusak pengalaman akan menikmati rasa dan bau makanan yang dikonsumsi.

Ternyata, tingkat kebisingan yang hanya 30 desibel saja seperti latar belakang suara musik-musik santai dan rileks, dapat meningkatkan kesukaan terhadap makanan yang dimakan sekitar 60%.

Tim riset juga menemukan bahwa suara dari kondisi jalan raya & kendaraan pada segala tingkat kebisingan membuat konsumen kehilangan nafsu makan pada makanan yang mereka konsumsi.

Hal ini dibuktikan dengan percobaan sampel konsumen yang mengonsumsi menu pilihan mereka persis dipinggir jalan raya yang ramai kendaraan berlalu-lalang.

Mahmoud Alamir, penulis utama riset & PhD dari Universitas Flinders mengatakan ; “riset kami tidak hanya menunjukan bahwa musik yang rileks dengan tingkat kebisingan yang rendah dapat meningkatkan kenikmatan saat mengonsumsi makanan, namun mengindikasikan juga bahwa suara latar belakang tingkat normal di rumah makan juga berpengaruh menurunkan nafsu makan konsumen”.

15 partisipan riset diuji dengan menilai seberapa menikmati mereka saat mengonsumsi makanan berdasarkan tipe dan tingkatan latar belakang suasana yang berbeda.

Tim riset menguji partisipan di tiga tingkat kebisingan pada rentang 30, 40 dan 50 desibel pada latar belakang di pinggir jalan, di dalam rumah makan, dan dengan musik yang rileks dan menenangkan. Studi riset juga menguji beberapa faktor seperti usia, jenis kelamin, dan tingkat sensivitas individu terhadap tingkat kebisingan.

KEYWORD :

Universitas Flinders Australia Makanan




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :