Jum'at, 23/10/2020 18:46 WIB

Alhamdulillah, Indonesia Boleh Kirim Jemaah Umrah Mulai 1 November

Nizar beralasan, saat ini hanya tiga negara menurut pengumuman General Authority of Civil Aviation (GACA) yang tidak diperbolehkan masuk Saudi, yaitu India, Brazil, dan Argentina.

Direktur Jenderal Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kementerian Agama Prof. Nizar Ali (Foto: Abi/MHU)

Jakarta, Jurnas.com - menyebut Indonesia sudah bisa mengirim jemaah umrah pada 1 November 2020 mendatang, setelah Arab Saudi mengumumkan akan membuka kembali umrah pasca penutupan akibat Covid-19.

Nizar beralasan, saat ini hanya tiga negara menurut pengumuman General Authority of Civil Aviation (GACA) yang tidak diperbolehkan masuk Saudi, yaitu India, Brazil, dan Argentina.

"Mengapa? Karena penanganan pandemi Covid-19 dianggap tidak berhasil. Indonesia masih diperbolehkan, sehingga Insya Allah pada 1 November sudah bisa," kata Nizar pada Kamis (1/10) di Jakarta di sela-sela perilisan Hari Santri 2020.

Sebab Indonesia tidak masuk daftar negara yang tidak diperbolehkan masuk Saudi, menurut Nizar, maka jemaah dari Tanah Air bisa berumrah bulan depan.

"Kalau 1 November Indonesia tidak termasuk dalam negara yang tidak diperbolehkan, berarti boleh (umrah)," terang dia.

"Sekarang sudah ada penerbangan Arab Saudi seminggu tiga kali, tapi penerbangan non umrah, terkait tugas diplomatik dan bisnis di Arab Saudi," imbuh dia.

Nizar memaparkan Saudi akan mulai memberikan izin penyelenggaraan umrah secara bertahap. Ada tiga tahap yang direncanakan. Pertama, mengizinkan warga negara Saudi dan ekspatriat yang tinggal di sana (mukimin) untuk menunaikan ibadah umrah mulai 4 Oktober 2020.

"Izin ini hanya untuk 30 persen dari kapasitas Masjidil Haram sesuai hitungan protokol tindakan pencegahan penyebaran Covid-19, yaitu enam ribu jemaah umrah per hari," ujarnya.

Kedua, mengizinkan ibadah umrah dan salat di Masjidil Haram bagi warga negara Saudi dan mukimin mulai 18 Oktober 2020.

"Jumlahnya bertambah menjadi 75 persen dari kapasitas Masjidil Haram sesuai hitungan protokol tindakan pencegahan, atau 15 ribu jemaah umrah per hari dan

TAGS : Arab Saudi Jemaah Umrah Kementerian Agama




JURNAS VIDEO :

TERPOPULER :