Rabu, 21/10/2020 20:02 WIB

STP Trisakti Buka Program Doktor Pariwisata Pertama di Indonesia

Izin pembukaan program doktor pariwisata tersebut secara resmi diberikan Kepala Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LL-Dikti) Wilayah III DKI Jakarta, Prof. Dr. Agus Setyo Budi di kantor LL Dikti Jakarta, pada Rabu (30/9) kemarin.

Peresmian program doktor pariwisata STP Trisakti (Foto: Ist)

Jakarta, Jurnas.com - Sekolah Tinggi Pariwisata (STP) Trisakti resmi membuka program doktor atau jenjang Strata 3 (S-3) untuk program studi (prodi) pariwisata.

Izin pembukaan program doktor pariwisata tersebut secara resmi diberikan Kepala Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LL-Dikti) Wilayah III DKI Jakarta, Prof. Dr. Agus Setyo Budi di kantor LL Dikti Jakarta, pada Rabu (30/9) kemarin.

Kepala LL Dikti menyerahkan dokumen Surat Keputusan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) tersebut kepada Ketua Umum Badan Pengurus Yayasan Trisakti Bimo Prakoso, dan Kepala STP Trisakti Fetty Asmaniati.

Surat Keputusan berupa salinan Keputusan Mendikbud Nomor 839/M/2020 tentang Izin Pembukaan Program Studi Pariwisata Program Doktor pada STP Trisakti, yang diselenggarakan Yayasan Trisakti. Kepmen itu ditandatangani Kepala Biro Hukum Kemdikbud Dian Wahyuni pada 11 September 2020.

Agus yang juga Guru Besar Universitas Negeri Jakarta ( UNJ ) mengapresiasi STP Trisakti di tengah pandemi covid-19 berhasil meraih izin pembukaan program doktor sekaligus sebagai perguruan tinggi swasta (PTS) pertama di tanah air, yang membuka program doktor pariwisata.

Agus meminta STP Trisakti menyiapkan dengan baik pelaksanaan pembukaan program doktor pariwisata tersebut, ,engingat sumber daya pariwisata sedang dibutuhkan.

"SDM pariwisata sedang dibutuhkan maka untuk mencetak orang hebat harus dipersiapkan dengan baik," ujar Agus dalam keterangannya.

Dia juga mengingatkan kalangan perguruan tinggi yang mendapat amanah membuka program doktor, dapat menjalankan dengan baik manajemen tata laksana dan tertib administrasi.

Sementara itu Kepala STP Trisakti Fetty Asmaniaty mengatakan pihaknya telah lama menunggu dan memproses izin program doktor atau S3 Pariwisata.

Meski sedang berada di tengah pandemi, pihaknya terus berkarya di antaranya mewujudkan pembukaan program doktor ini.

"Kita ingin dalam kondisi pandemi yang berat ini tidak boleh diam tetap berbuat apa yang harus kita lakukan yang dapat bermanfaat untuk dunia pendidikan dan bangsa ini," kata Fetty.

Fetty bersyukur berkat kerja keras semua jajarannya yang selalu didukung, Yayasan Trisakti berhasil mewujudkan program S3 pariwisata.

"Jadi kami merupakan PTS pertama yang diberikan izin untuk membuka S3 Pariwisata, ini merupakan kebanggaan bagi kami dan Yayasan Trisakti sesuai visinya yang ingin selalu menjadi center of excellent," ujar Fetty lagi.

Bimo Prakoso menambahkan upaya Yayasan Trisakti ini merupakan langkah mendukung pemerintah memajukan dunia pendidikan tinggi guna mencetak SDM unggul.

"Program doktor atau S3 merupakan tempat yang memperkuat riset untuk mendukung program pemerintah. Sesuai dengan keinginan pemerintahan Presiden Jokowi mencetak SDM unggul yang diantaranya memajukan dunia pendidikan tinggi," sambung Bimo.

TAGS : Doktor Pariwisata STP Trisakti Perguruan Tinggi




JURNAS VIDEO :

TERPOPULER :