Selasa, 27/10/2020 16:03 WIB

Tingkatkan Produktivitas, Kemnaker dan UMKM Alumni UNPAD Bahas Kemasan Produk

Kemasan sebuah produk yang baik menjadi salah satu strategi yang diperlukan dalam menjalani persaingan pada dunia UMKM

Direktur Bina Produktivitas, Fahrurozi (Humas Kemnaker)

Jakarta, Jurnas.com - Dalam rangka meningkatkan produktivitas Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) di masa pandemi Covid- 19, Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker) melalui Direktorat Bina Produktivitas Ditjen Binalattas bekerja sama dengan UMKM Alumni UNPAD membahas pentingnya sebuah kemasan dalam suatu produk.

Kegiatan yang bertajuk “Kemasan Cantik, Produktivitas UMKM Naik” ini dilakukan secara daring pada Senin (28/9/2020).

Direktur Bina Produktivitas, Fahrurozi menyatakan, kegiatan tersebut dimaksudkan untuk memberikan pemahaman tentang pentingnya pengemasan produk yang baik sebagai nilai tambah dalam rangka peningkatan produktivitas.

Kemasan yang baik merupakan nilai tambah bagi suatu produk,” kata Fahrurozi.

Fahrurozi juga menyatakan, kemasan sebuah produk yang baik menjadi salah satu strategi yang diperlukan dalam menjalani persaingan pada dunia UMKM.

Apalagi di tengah pandemi Covid-19 seperti sekarang ini yang sangat berdampak pada UMKM. Menurutnya, dampak dari sulitnya berusaha mengakibatkan banyaknya tenaga kerja yang terpaksa di rumahkan dan banyaknya UMKM yang tidak mampu melanjutkan usahanya.

Hal itu berbeda dengan dengan kasus krisis moneter yang terjadi pada 1998. Pada masa itu, kata Fahrurozi, UMKM betul-betul menjadi penyelamat ekonomi nasional yang pada saat itu mampu meningkat hingga 350 % ketika banyak usaha besar yang kolaps.

Menurutnya, peningkatan produktivitas UMKM perlu dilakukan karena tingkat produktivitas yang dicapai UMKM merupakan indikator seberapa efisien UMKM tersebut dalam mengkombinasikan sumber daya ekonomisnya saat ini. Produktivitas merupakan salah satu faktor penting dalam kesejahteraan UMKM.

“Produktivitas merupakan salah satu aspek yang menentukan keberhasilan suatu UMKM dalam persaingan dunia usaha yang semakin ketat, “ katanya.

Acara yang dimoderatori oleh inisiator UMKM Alumni, Dewi Tenty ini mengahadirkan narasumber dari UPTD Industri Pangan, Olahan dan Kemasan Disperindag Provinsi Jawa Barat, Detty Tatiananda; Satpel Pengembangan Industri Kemasan Bandung,Citra Artika sarti; dan CEO D&D Entrepreneurship, Delli Gunarsa.

Sementara peserta yang mengikuti acara ini terdiri atas unsur pemerintah pusat/daerah, unsur industri, unsur pendidikan, dan komunitas UMKM yang terdiri atas UMKM Binaan Direktorat Bina Produktivitas, UMKM Alumni Unpad maupun UMKM lainnya.

TAGS : Kinerja Menteri Tenaga Kerja Info Menaker UMKM Kemasan UNPAD




JURNAS VIDEO :

TERPOPULER :