Sabtu, 20/04/2024 04:15 WIB

Agustus, Suku Bunga Kredit Turun Hampir 10 Persen

Suku bunga kredit tercatat sebesar 9,89% atau turun 3 basis poin dibandingkan 9,92% pada bulan sebelumnya

Bank Indonesia

Jakarta, Jurnas.com - Bulan Agustus 2020, suku bunga kredit dan simpanan yang dicatat oleh Bank Indonesia turun seiring dengan penurunan suku bunga acuan.

"Suku bunga kredit tercatat sebesar 9,89% atau turun 3 basis poin dibandingkan 9,92% pada bulan sebelumnya," ujar Direktur Eksekutif Komunikasi BI Onny Widjarnako di Jakarta, Rabu (30/9/2020).

Demikian juga, kata Onny, rata-rata tertimbang suku bunga simpanan berjangka yang mengalami penurunan pada hampir seluruh jenis tenornya.

Sedangkan, suku bunga simpanan berjangka tenor 24 bulan meningkat dari 7,19% menjadi 7,20%

"Suku bunga simpanan berjangka yang mengalami penurunan pada hampir seluruh jenis tenornya. Rinciannya suku bunga simpanan berjangka tenor 1 bulan, 3 bulan, 6 bulan serta 12 menurun," katanya.

Onny menuturkan, keputusan ini tetap memerhatikan prinsip kehati-hatian, termasuk hanya berlaku bagi bank-bank yang mempunyai rasio NPL di bawah 5%.

"Bank Indonesia tetap menempuh kebijakan makroprudensial akomodatif sejalan bauran kebijakan yang ditempuh sebelumnya serta bauran kebijakan nasional, termasuk berbagai upaya untuk memitigasi risiko di sektor keuangan akibat penyebaran pandemi Covid-19," jelasnya.

KEYWORD :

Bank Indonesia Kredit Pinjaman Suku Bunga




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :