Jum'at, 30/10/2020 14:04 WIB

Mike Pompeo Dijadwalkan Bertandang ke Asia Bahas China dan Korea Utara

Pompeo adalah pengkritik keras China tentang masalah-masalah mulai dari keamanan hingga hak asasi manusia hingga pandemi virus corona (COVID-19).

Menteri Luar Negeri Amerika Serikat (AS), Mike Pompeo. (Foto: AFP)

Washington, Jurnas.com -  Menteri Luar Negeri Amerika Serikat (AS) Mike Pompeo minggu depan akan berangkat ke Jepang, Korea Selatan dan Mongolia. Kunjungan tersebut diperkirakan akan fokus pada China dan Korea Utara.

Perjalanan Pompeo ke Tokyo akan menjadi yang pertama dilakukan pejabat tinggi AS sejak Yoshihide Suga menjabat pada 16 September, menggantikan perdana menteri veteran Shinzo Abe, sekutu dekat Washington.

Pada 6 Oktober di Tokyo, Pompeo akan mengadakan pertemuan empat arah dengan rekan-rekannya dari Australia, India, dan Jepang, formasi "Quad", yang dipromosikan dengan gencar Abe, yang  secara luas dilihat sebagai upaya negara-negara demokrasi besar di kawasan itu untuk melangkah dalam kerja sama menghadapi China.

Pompeo adalah pengkritik keras China tentang masalah-masalah mulai dari keamanan hingga hak asasi manusia hingga pandemi virus corona (COVID-19), yang oleh Presiden Donald Trump berusaha untuk disalahkan secara langsung pada Beijing menjelang pemilihan 3 November.

Pompeo telah memimpin kampanye internasional bagi negara-negara lain untuk menghindari China, termasuk teknologinya.

Perjalanannya ke Korea Selatan datang ketika harapan mereda untuk terobosan dengan Korea Utara, yang sebelumnya menjadi prioritas utama Trump saat ia mencari kemenangan kebijakan luar negeri sebelum pemilihan.

Trump sudah bertemu tiga kali dengan pemimpin negara otoriter Kim Jong Un, dan Pompeo baru-baru ini mengatakan bahwa pembicaraan terus berlanjut di belakang layar dengan Korea Utara, meskipun dia mengakui bahwa pemerintah ingin mencapai lebih banyak kemajuan.

Pompeo, yang merupakan mantan kepala Badan Intelijen Pusat (CIA), melakukan perjalanan empat kali pada tahun 2018 ke Korea Utara dengan harapan menyegel terobosan.

Tetapi ia belum pernah ke wilayah itu sejak Juni 2019, ketika dia bergabung dengan Trump pada KTT Kelompok 20 di Jepang dan singgah di Korea Selatan yang termasuk pertemuan dadakan dengan Kim di Zona Demiliterisasi.

Pompeo pada 7 Oktober akan menjadi menteri luar negeri AS pertama sejak 2016 yang mengunjungi Mongolia, yang telah mengupayakan hubungan dekat dengan Amerika Serikat di tengah posisinya yang rapuh antara China dan Rusia.

Pompeo sering bepergian dalam beberapa pekan terakhir setelah perlambatan akibat virus korona. Dia akan menuju ke Asia tak lama setelah menyelesaikan perjalanan ke Yunani, Italia dan Kroasia. (Channelnewsaia)

TAGS : Negara Asia Amerika Serikat Korea Utara Mike Pompeo China




JURNAS VIDEO :

TERPOPULER :