Kamis, 22/10/2020 13:40 WIB

Klub UEA Jadi Tim Arab Pertama Rekrut Pemain Israel

Pesepakbola Israel Diaa Sabia menjadi pemain pertama yang menandatangani kontrak dengan klub Arab, 

Al-Nasr telah menyelesaikan prosedur dengan Diaa Sabai dalam kontrak yang diperpanjang selama dua musim

Jakarta, Jurnas.com - Pesepakbola Israel Diaa Sabia menjadi pemain pertama yang menandatangani kontrak dengan klub Arab, kurang dari dua minggu setelah Uni Emirat Arab (UEA) dan negara Zionis menormalisasi hubungan.

Gelandang serang berusia 27 tahun itu dibeli dari China Guangzhou dalam kontrak dua tahun dengan Al-Nasr Dubai.

"Al-Nasr telah menyelesaikan prosedur dengan Diaa Sabai dalam kontrak yang diperpanjang selama dua musim setelah dia berhasil lulus pemeriksaan kesehatan pagi ini," kata klub itu dalam sebuah pernyataan dilansir Middleeast, Rabu (30/09).

Sabia, yang berasal dari Palestina dan berasal dari keluarga Muslim-Arab, lahir di kota Arab Majd Al-Krum di Israel utara. Daerah itu direbut oleh kelompok paramiliter Yahudi pada tahun 1948 silam.

Banyak penduduknya terpaksa mengungsi ke kamp pengungsi terdekat Sabra dan Shatila di Lebanon, yang pada tahun 1982 menjadi tempat salah satu pembantaian terburuk orang Palestina, ketika pasukan Israel memblokir jalan keluar mereka.

Sabia naik pangkat di klub remaja sebelum pindah ke Maccabi Tel Aviv pada 2012. Dia pindah ke liga super Tiongkok pada 2019 lalu.

Langkah Sabia dilakukan ketika UEA, di mana Dubai adalah anggotanya, menandatangani kesepakatan kontroversial yang ditengahi AS untuk menormalkan hubungan dengan Israel.

Abu Dhabi membenarkan langkah tersebut dengan mengatakan bahwa mereka telah berhasil menunda rencana Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu untuk secara ilegal mencaplok 30 persen wilayah Palestina yang diduduki.

Israel mengatakan tidak ada jaminan seperti itu yang diberikan, sementara Palestina bersikeras bahwa UEA telah memberi hadiah kepada Netanyahu atas pencurian tanah yang sudah ilegal menurut hukum internasional.

TAGS : Klub UEA Pesepakbola Israel Liga Arab




JURNAS VIDEO :

TERPOPULER :