Selasa, 27/10/2020 16:16 WIB

Bantah Laporan Media, Trump Tegaskan Bayar Pajak

Trump hanya membayar pajak penghasilan federal hanya US$ 750 pada tahun 2016 dan 2017, setelah bertahun-tahun melaporkan kerugian besar dari perusahaan bisnisnya.

Presiden AS Donald Trump menghadiri Piknik Kongres di Halaman Selatan Gedung Putih di Washington, DC, pada 21 Juni 2019. (Foto: AFP)

Washington, Jurnas.com - Presiden Amerika Serikat (AS), Donald Trump menegaskan, membayar jutaan dolar dalam bentuk pajak. Meski begitu, ia tidak memberikan bukti atau janji untuk merilis laporan keuangan apa pun sebelum pemilihan presiden pada 3 November.

Dalam unggahan di akun Twitternya, Trump menanggapi laporan New York Times yang menyebut dirinya hanya membayar pajak penghasilan federal hanya US$ 750 pada tahun 2016 dan 2017, setelah bertahun-tahun melaporkan kerugian besar dari perusahaan bisnisnya.

"Saya membayar jutaan dolar dalam bentuk pajak tetapi berhak, seperti orang lain, atas depresiasi & kredit pajak," tulisnya. "Saya sangat di bawah leverage - saya memiliki hutang yang sangat sedikit dibandingkan dengan nilai aset."

Presiden dari Partai Republik, yang akan menghadapi saingan Demokrat Joe Biden pada Selasa malam untuk debat presiden pertama mereka, mengatakan memiliki "aset luar biasa" dan membanggakan laporan keuangan yang sangat impresif.

Trump memiliki utang ratusan juta dolar di tengah kerugian bisnis kronis yang dia gunakan untuk menghindari pembayaran pajak, Times melaporkan. Dikatakan telah memperoleh data pengembalian pajak yang mencakup lebih dari dua dekade untuk Trump dan bisnisnya.

Hutang Trump yang dilaporkan meningkatkan masalah keamanan nasional, kata Ketua Dewan Perwakilan Rakyat AS Nancy Pelosi, karena publik berhak mengetahui kepada siapa dia berhutang karena itu dapat digunakan sebagai pengaruh terhadapnya.

"Bagi saya ini adalah pertanyaan keamanan nasional," katanya kepada MSNBC.

Trump menyimpang dari tradisi puluhan tahun di antara presiden dan kandidat presiden ketika dia menolak untuk melepaskan pengembalian pajak penghasilan federal saat pertama kali dia mencalonkan diri sebagai presiden pada tahun 2016.

Ia mengatakan itu karena sedang diaudit oleh Internal Revenue Service tetapi agensi mengatakan tidak ada alasan dia tidak bisa melepaskan pajaknya saat sedang diaudit. (Reuters)

TAGS : Donald Trump Amerika Serikat Pajak Penghasilan Pilpres AS 2020




JURNAS VIDEO :

TERPOPULER :