Minggu, 25/10/2020 12:40 WIB

Akhir Tahun, AP II Prediksi Penumpang Tidak Lebih 70 Juta

Menurutnya dengan adanya pandemi, terjadi perubahan konstelasi dalam komposisi struktur penumpang tahun ini

Menghadapi Angkutan Natal 2019 dan Tahun Baru 2020, PT Angkasa Pura II mendigialisasi layanan di bandara.

Jakarta, Jurnas.com - Operator Bandara PT Angkasa Pura II prediksi jumlah penumpang baik dari rute domestik maupun internasional hingga akhir tahun ini tidak akan bakal melebihi angka 70 juta penumpang.

Direktur Utama PT Angkasa Pura II Muhammad Awaluddin menuturkan selama tiga tahun terakhir pergerakan penumpang di bandara kelolaannya mencapai jumlah tertinggi pada 2018 dengan total 208 juta penumpang.

Menurutnya dengan adanya pandemi, terjadi perubahan konstelasi dalam komposisi struktur penumpang tahun ini. Khususnya, penumpang internasional yang tergerus signifikan.

Selama ini, paparnya, perbandingan pergerakan penumpang domestik dan internasional mencapai 80 persen berbanding dengan 20 persen. Namun tahun ini, dia memperkirakan jumlah penumpang internasional hanya akan mencapai sebesar 13 persen.

"Pergerakan pada 2020 menjadi berbeda karena pandemi, forecast kami dari berbagai sumber tahun ini tidak menembus di atas 70 juta pergerakan terdiri 61 juta dan hampir 8 juta penumpang internasional," ujarnya, Minggu (27/9/2020).

Berdasarkan data AP II sebanyak 13 bandara internasional yang dikelolanya selama ini total melayani 215 total negara asal wisman dengan 2,75 juta Wisman. Selain itu juga sebanyak 80 Rute Langsung Internasional.

Namun, khusus untuk Bandara Soekarno Hatta melayani sebanyak total 207 negara asal dengan wisman sebanyak 2,42 juta orang serta 48 rute langsung internasional.

Saat ini sebagai operator pelat merah, AP II juga tengah mengatur ulang agar bandara Soekarno - Hatta (CGK) maupun Banadara Kualanamu (KNO) harus melalui tahapan kritis untuk mewujudkan visinya sebagai hub.

TAGS : BUMN Angkasa Pura II Penumpang




JURNAS VIDEO :

TERPOPULER :