Selasa, 20/10/2020 23:57 WIB

Pemerintah Minta Masyarakat Tetap Pakai Masker di dalam Rumah

Tidak hanya di luar rumah, kata Menteri Bintang, masyarakat juga sebaiknya tetap mengenakan masker saat berada di dalam rumah.

Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) Bintang Puspayoga (Foto: Ist)

Jakarta, Jurnas.com - Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA), Bintang Puspayoga meminta masyarakat tetap menegakkan kedisiplinan protokol kesehatan Covid-19, salah satunya memakai masker.

Tidak hanya di luar rumah, kata Menteri Bintang, masyarakat juga sebaiknya tetap mengenakan masker saat berada di dalam rumah.

"Saya mendorong kaum perempuan sebagai `manager` rumah tangga selalu mengingatkan keluarga agar tetap mematuhi protokol kesehatan, baik ketika di luar maupun di dalam rumah," kata Menteri PPPA pada Jumat (25/9).

"Walaupun sedang berada di dalam rumah, saya sarankan untuk tetap memakai masker, apalagi jika di dalam rumah tersebut terdapat kelompok rentan, yakni balita dan Lansia," sambung dia.

Menteri Bintang menambahkan paparan Covid-19 pada kluster keluarga semakin meningkat, karena kemungkinan paparan tersebut terjadi ketika ayah atau ibu bekerja di luar rumah.

"Oleh karenanya, saya mengimbau ketika Ayah atau Ibu baru masuk rumah segera membersihkan diri terlebih dahulu sebelum berinteraksi dengan keluarga," imbau dia.

Menteri PPPA menambahkan, dalam waktu dekat pihaknya juga akan berkoordinasi dengan Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 membuat protokol kesehatan keluarga, untuk pencegahan terinfeksi Covid-19, baik di dalam dan di luar rumah, serta tindakan yang dilakukan bila ada anggota keluarga yang terinfeksi.

"Pada situasi pandemi seperti ini, saya berharap agar kita tidak hanya melindungi diri sendiri, namun juga harus melindungi sesama. Oleh karenanya, kami mengimbau agar masyarakat dapat mengurangi pertemuan dengan keluarga besar secara offline. Jika seandainya terdapat acara keluarga, sebaiknya dilakukan secara daring atau online. Di sinilah kreativitas kita semua dituntut demi menekan penyebaran Covid-19," ujar dia lagi.

TAGS : Menteri PPPA Bintang Puspayoga Protokol Kesehatan Masker di dalam Rumah




JURNAS VIDEO :

TERPOPULER :