Sabtu, 27/04/2024 06:51 WIB

Marwan: Resesi bukan Akhir dari Segalanya, Kita Bangsa Punya Optimisme

Anggota Komisi VI DPR, Marwan Jafar mengatakan, Indonesia sebagai bangsa yang memiliki spirit dan optimisme, tidak perlu khawatir dengan ancaman resesi di tengah pandemi Covid-19.

Anggota Komisi VI DPR, Marwan Jafar

Jakarta, Jurnas.com - Anggota Komisi VI DPR, Marwan Jafar mengatakan, Indonesia sebagai bangsa yang memiliki spirit dan optimisme, tidak perlu khawatir dengan ancaman resesi di tengah pandemi Covid-19.

Menurutnya, ancaman resesi ekonomi itu bukan akhir dari segalanya dan bukan masalah yang harus digembar-gemborkan, tapi harus dicarikan solusi.

"Kita ini sebagai bangsa yang optimis, dalam sejarah kita, kita sebagai bangsa pemenang, spirit kemenangan itulah yang harus kita gelorakan," kata Marwan, kepada wartawan, Jakarta, Kamis (24/9).

Oleh karena itu, mantan menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi itu meyakini, bangsa Indonesia akan berhasil melawan resesi dan menang melawan pandemi Covid-19.

Dalam kesempatan itu, Marwan menyampaikan beberapa solusi agar Indonesia dapat keluar dari resesi dan pendemi. Menurutnya, pemerintah harus melakukan reposisi, restrukturisasi, dan mereformulasi sejumlah program pemerintah dalam mengatasi pandemi Covid-19.

"Kita harus melakukan reposisi, retrukturisasi, reformulasi terhadap struktur lembaga negara kita berikut orangnya dan program pemerintah, supaya bisa bekerja lebih efektif dan efisien," kata Marwan.

Selain itu, kata Marwan, merefocusing sejumlah program yang berhubungan dengan kebutuhan rakyat di masa pandemi. Disamping juga membentuk pasukan khusus untuk melawan Covid-19 dengan tidak rangkap jabatan.

"Memang dibutuhkan semacam tim atau pasukan perang untuk melawan covid ini dengan tidak gonta ganti orangnya. Pasukan perang yang memang dibutuhkan dan bisa fokus menangani ini di bawah komando langsung presiden," katanya.

"Program-program kebutuhan masyarakat berupa Bansos, BLT tetap harus digelontorkan dan volumenya ditambah karena kebutuhan yang juga menambah. Oleh sebab itu program sosial itu didetailkan lagi, minimal sampai pandemi ini selesai," tegas Marwan.

Disamping itu, Marwan menyampaikan, gotong royong seluruh elemen bangsa harus terus digelorakan dari mulai pusat hingga daerah untuk menuntaskan pandemi Covid-19 tersebut.

"Ini dibutuhkan kebersamaan dari semua elemen bangsa untuk saling bahu membahu, pemerintah pusat hingga daerah, masyarakat sipil, elemen masyarakat dibutuhkan solidaritas. Tidak boleh ada pregmentasi politik, pregmentasi golongan, jadi semua bersatu," demikian Marwan.

KEYWORD :

Komisi VI DPR Marwan Jafar Resesi Ekonomi Pandemi Covid-19




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :