Jum'at, 26/04/2024 11:48 WIB

Azis: Indonesia-Prancis Miliki Pandangan Sama tentang Indo-Pacific

Wakil Ketua DPR RI, M. Azis Syamsuddin menerima kunjungan Duta Besar Republik Prancis, Olivier Chambard. Pertmuan ini diselengarakan dalam rangka 70 tahun hubungan bilateral Indonesia-Prancis.

Wakil Ketua DPR RI, M. Azis Syamsuddin menerima kunjungan Duta Besar Republik Prancis, Olivier Chambard

Jakarta, Jurnas.com - Wakil Ketua DPR RI, M. Azis Syamsuddin menerima kunjungan Duta Besar Republik Prancis, Olivier Chambard. Pertmuan ini diselengarakan dalam rangka 70 tahun hubungan bilateral Indonesia-Prancis.

Dalam kesempatan ini kedua belah pihak membahas berbagai isu mulai dari ekonomi, politik, pertahanan, billateral, multilateral hingga pandami Covid-19.

“Banyak yang dibahas khususnya terkait kerjasama ekonomi, pertahanan dan maritim. Indonesia dan Prancis memiliki pandangan yang sama terkait konsep Indo-Pacific yang inklusif dengan mengedepankan Sentralitas ASEAN. Prancis juga menjadi representasi Uni Eropa dalam kontek kerjasama Indo-Pacific yang sedang terus berkembang," kata Azis Syamsuddin.

Politikus Golkar ini menilai momentum 70 tahun hubungan kedua negara menjadi momentum meningkatkan kemitraan strategis kedua negara.

Senada dengan Azis Syamsuddin, Dubes Prancis mengapresasi inisiatif Indonesia melalu ASEAN dalam pembentukan konsep ‘ASEAN Outlook on the Indo-Pacific’ dalam membangun wilayah Indo-Pacific yang inklusif bagi semua pihak.

“Prancis melihat Indonesia sebagai mitra pokok di wilayah Indo-Pacific. Prancis memiliki konsep Indo-Pacific yang mirip dengan ASEAN yang di prakarsai oleh Indonesia. Prancis merupakan bagian dari kawasan Indo-Pacific dimana pulau-pulau kita berada di wilayah ini,” ujar Olivier Chambard.

Mantan Ketua Komisi III menanggapi positif agenda rencana kerjasama kedua negara dalam hal pertahanan dan alutista. Kedua belah pihak menilai kerangka Strategis Indonesia-Prancis menjadi landasan kedua negara untuk terus meningkatkan kemitraan khususnya dalam memelihara perdamaian dunia.

“Kedua negara memiliki visi yang sama, ini tercermin dalan singergitas di Dewan Keamanan PBB, isu Climate Change maupun isu-isu global strategis yang lain. DPR menyambut baik kesamaan pandangan antara kedua negara di tingkat Internasional," ujar Azis.

KEYWORD :

Pimpinan DPR Azis Syamsuddin Dubes Prancis Hubungan Bilateral




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :