Senin, 26/10/2020 05:11 WIB

Ini Kata Kemkes Soal jadi Klaster Covid-19 Terbesar

Mereka yang terpapar ini semuanya bekerja di Kantor Pusat Kemkes di kawasan Rasuna Said, Kuningan, Jakarta Selatan

Gedung Kementerian Kesehatan RI

Jakarta, Jurnas.com - Sejumlah kementerian dan lembaga negara ternyata jadi penyumbang terbesar klaster Covid-19 di DKI Jakarta. Berdasarkan data Jakarta Tanggap Covid-19, hingga Sabtu (19/9/2020) siang, Kementerian Kesehatan (Kemkes) menjadi institusi pemerintah yang menyumbangkan kasus terbanyak.

Pada klaster kementerian terdapat 39 lokasi dengan jumlah total 1.223 kasus. Jumlah kasus pada 15 lokasi teratas tadi mencapai 1.020 atau menyumbang 83% dari total seluruh klaster kementerian. Sedangkan Kemkes dengan 252 kasus menyumbang 20 persen.

Menanggapi tingginya fakta Kemkes sebagai klaster terbesar kementerian di DKI Jakarta, Dirjen Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Kementerian Kesehatan, Acmad Yurianto mengakui jumlah pegawai Kemkes yang terpapar memang banyak.

Mereka yang terpapar ini semuanya bekerja di Kantor Pusat Kemkes di kawasan Rasuna Said, Kuningan, Jakarta Selatan.

Menurut Yurianto, para pegawai tersebut terinfeksi saat bertugas, termasuk di RS Darurat Wisma Atlet Kemayoran, Jakarta. "Mereka ini bekerja secara bergiliran. Setiap kali selesai tugas mereka langsung dites swab. Semuanya dites, dan yang positif langsung diistirahatkan, diisolasi sampai sembuh," kata Yurianto, Jumat (19/9) malam.

Yurianto mengatakan, dari pegawai yang terinfeksi tersebut sebagian besar sudah sembuh dan telah kembali bekerja. Sementara ada dua orang yang meninggal karena faktor usia dan menderita komorbid atau komplikasi.

"Saat muncul kluster perkantoran, yang paling ketat saya awasi adalah Kementerian Kesehatan. Misalnya, pertemuan dilakukan secara virtual, semua jendela dibuka supaya sirkulasi baik, wajib masker bagi tamu, dan lain lain," kata Yurianto.

TAGS : Covid-19 Kemkes Kementerian




JURNAS VIDEO :

TERPOPULER :