Jum'at, 30/10/2020 02:04 WIB

Shinzo Abe Akhirnya Berani Ziarah Kuil Yasukuni

Abe diketahui terakhir melakukan kunjungan ke Kuil Yasukuni tersebut tujuh tahun lalu yang kemudian mendapat protes keras dari China dan Korea Selatan.

Sebuah iring-iringan mobil yang membawa Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe terlihat memasuki rumah sakit Tokyo pada Senin 24 Agustus 2020. (Dai Kurokawa / EPA)

Tokyo, Jurnas.com - Mantan Perdana Menteri Jepang, Shinzo Abe mengunjungi Kuil Yasukuni pada Sabtu (19/9). Itu merupakan ziarah pertamanya sejak Desember 2013.

Dilansir dari Reuters, Abe mengumumkan ziarah itu di akun Twitter resminya bersama dengan foto dirinya di kuil, hanya beberapa hari setelah Yosihide Suga menggantikannya sebagai pemimpin Jepang.

"Hari ini, saya memberi penghormatan di Kuil Yasukuni dan menyampaikan kepada roh perang yang telah meninggal pengunduran diri saya sebagai perdana menteri," tulis Abe di Twitternya.

Abe diketahui terakhir melakukan kunjungan ke Kuil Yasukuni tersebut tujuh tahun lalu yang kemudian mendapat protes keras dari China dan Korea Selatan.

Abe, yang merupakan pemimpin terlama di Jepang, secara resmi mengumumkan pengunduran diri dari jabatannya karena alasan kesehatan dan tak mau penyakitnya mengganggu pekerjaan.

Abe yang berusia 65 tahun menahan diri untuk tidak ziarah di kuil secara langsung sejak kunjungannya pada 2013 meskipun politisi konservatif lainnya melakukannya, khususnya pada 15 Agustus untuk menandai penyerahan Jepang dalam Perang Dunia II.

Empat menteri dari kabinet Abe memberikan penghormatan di kuil itu bulan lalu dalam kunjungan seperti itu yang pertama sejak 2016.

Kuil Yasukuni didirikan untuk mengenang  2,5 juta korban perang, kebanyakan orang Jepang, yang tewas dalam perang negara itu sejak akhir abad ke-19. Dan juga mengenang tokoh militer dan politik senior yang dihukum karena kejahatan perang oleh pengadilan internasional setelah perang.

Kuil ini dipandang Beijing dan Seoul sebagai simbol agresi militer Jepang di masa lalu karena menghormati 14 pemimpin Jepang pada masa perang yang dihukum sebagai penjahat perang oleh pengadilan Sekutu serta korban perang.

TAGS : Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe Kuil Yasukuni




JURNAS VIDEO :

TERPOPULER :