Sabtu, 24/10/2020 07:55 WIB

Ukraina Peringatkan Rusia agar Tak Ikut Campur di Belarusia

Sementara itu Inggris menyerukan sanksi kepada mereka yang bertanggung jawab atas dugaan pemilu yang curang di Belarusia.

Bendera Rusia (Foto: Doknet)

Jenewa, Jurnas.com - Menteri Luar Negeri Ukraina Dmytro Kuleba memperingatkan Rusia agar tidak mengambil langkah-langkah, yang dapat merusak kedaulatan Belarusia dan mengguncang kawasan itu.

Sementara itu Inggris menyerukan sanksi kepada mereka yang bertanggung jawab atas dugaan pemilu yang curang di Belarusia.

"Sungguh memilukan melihat rekaman tetangga dekat kita yang dipukuli dengan kejam, dan ditahan secara sewenang-wenang di jalan-jalan kota asal mereka," kata Kuleba di Dewan Hak Asasi Manusia PBB pada Jumat (18/9) dikutip dari Reuters.

"Kami memperingatkan Federasi Rusia agar tidak mengambil langkah-langkah yang dapat merusak kedaulatan politik Belarus, dan dengan demikian mengguncang kawasan yang lebih luas," tegas dia.

Ditambahkan oleh Menteri Luar Negeri Junior Inggris, Wendy Morton, bahwa negaranya mendukung sanksi terhadap pihak yang bertanggung jawab atas dugaan kecurangan pemilu.

"Kami bekerja dengan mitra internasional kami untuk meminta pertanggungjawaban otoritas Belarusia," tegas Morton.

TAGS : Rusia Inggris Ukraina Konflik Belarusia




JURNAS VIDEO :

TERPOPULER :