Kamis, 22/10/2020 11:34 WIB

Tinjau Mobtrik Karya SMK Model PGRI 1 Mejayan, Ini Kata Khofifah

Khofifah berharap SMK Model PGRI 1 Mejayan selama lima tahun ke depan dapat menjalin kemitraan dengan masyarakat desa, sebagai wujud pusat pelayanan masyarakat dan menggerakkan ekonomi lapis bawah.

Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa mengunjungi SMK Model PGRI 1 Mejayan (Foto: Ist)

Jakarta, Jurnas.com - Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa mengunjungi SMK Model PGRI 1 Mejayan, Madiun pada Jumat (18/9). Dalam kunjungannya, Khofifah sekaligus meninjau Mobil Listrik (mobtrik) UMKM Mokasi (Mobil Kampung Pesilat).

Kunjungan Gubernur Khofifah dihadiri oleh Wakil Bupati Madiun, Kepala Dinas Pendidikan Jatim, Kepala Dinas Infokom Jatim, Kepala Dinas Ketenagakerjaan, Bakorwil Madiun, Kodim 0803, Kapolres Madiun, Kepala Kejaksaan Madiun, Kepala Pengadilan Madiun, dan perwakilan Forkopinda Lanud Iswahjudi.

"Mobil Listrik UMKM Mokasi sebagai wujud riil SMK unTuk pengabdian kepada masyarakat, khususnya pengembangan ekonomi di masa pandemi Covid-19," kata Khofifah.

Khofifah melanjutkan, sinergi antar SMK dan UMKM di Jawa Timur akan membangkitkan ekonomi masyarakat, sekaligus sebagai upaya peningkatan pendidikan kejuruan di SMK, dan skill enterpreunership pada generasi milenial.

"SMK Model PGRI 1 Mejayan menjawab lewat hasil inovasi dan kreativitas Mobil Listrik UMKM Mokasi menjadi salah satu alternatif pemulihan ekonomi nasional, karena tampak jelas bahwa di masa pandemi ini negara kita mengalami penurunan pertambahan ekonomi," terang dia.

Lebih lanjut, Khofifah berharap SMK Model PGRI 1 Mejayan selama lima tahun ke depan dapat menjalin kemitraan dengan masyarakat desa, sebagai wujud pusat pelayanan masyarakat dan menggerakkan ekonomi lapis bawah.

"Dengan maju dan aktifnya ekonomi lapis bawah, maka semua lapisan masyarakat akan merasakan keadilan dan kemakmuran, sehingga dapat mengurangi angka kemiskinan," kata Khofifah.

Sementara itu, Kepala Sekolah SMK Model PGRI 1 Mejayan, Sampun Hadam menjelaskan bahwa saat ini terdapat empat unit Mobil Listrik UMKM Mokasi siap pakai. Tiga di antaranya merupakan pesanan dari SMK PGRI 13 Surabaya.

Secara teknis, lanjut Hadam, Mobil Listrik UMKM Mokasi mengalami peningkatan pada sistim suspensi dari body mobil, disesuaikan pada kebutuhan paket usaha yang senantiasa dibimbing langsung oleh PT. REKA GLOBAL JASA, sebagai salah satu anak perusahaan PT. INKA MADIUN.

"Mobil Listrik UMKM Mokasi dijual secara lengkap dengan paket usaha UMKM seperti Mokasi Food yang terdiri dari Mokasi Nasi Pecel, Mokasi Varian Bakso, Mokasi Nasi Goreng, dan Mokasi drink," ujar Hadam.

"Selain itu tersedia juga paket Mokasi Mart dan paket Mokasi jasa engineering dan electrical," imbuh dia.

Hadam menuturkan, Mobil Listrik UMKM Mokasi dijual secara franchise mulai dari harga Rp25 juta, sesuai dengan pilihan paket usaha yang diinginkan.

Mobil Listrik UMKM Mokasi juga didukung oleh Start Up Mokasi, sebagai wujud pasar online dari poduk Mobil Listrik UMKM Mokasi.

"Adanya Mokasi ini diharapkan menjadi bagian dari pengembangan jobsheet praktek SMK di Jawa Timur, baik dalam hal pembuatan komponen dan perawatan mekanik secara rutin yang dapat dilakukan di SMK Negeri/Swasta se-Jawa Timur," tutup Hadam.

TAGS : Mobil Listrik SMK Model PGRI 1 Mejayan Khofifah Indar Parawansa




JURNAS VIDEO :

TERPOPULER :