Rabu, 21/10/2020 20:58 WIB

Facebook Bakal Luncurkan Kacamata Pintar

Facebook telah bekerja sama dengan perusahaan kacamata Prancis-Italia EssilorLuxottica, yang terkenal dengan merek Ray-Ban-nya, untuk memproduksi kacamata pintar.

Ilustrasi kacamata pintar (foto: The National)

Jakarta, Jurnas.com - Facebook telah bekerja sama dengan perusahaan kacamata Prancis-Italia EssilorLuxottica, yang terkenal dengan merek Ray-Ban-nya, untuk memproduksi kacamata pintar.

"Kacamata pintar bermerek Ray-Ban pertama akan dirilis di pasar tahun depan," kata raksasa media sosial itu dilansir The National, Jumat (18/09).

“Setelah menghabiskan waktu dengan tim mereka dan mengunjungi pabrik mereka, saya tahu bahwa mereka adalah mitra yang tepat bagi kami untuk membantu menghadirkan teknologi terbaik bersama dengan kacamata terbaik,” kata Mark Zuckerberg, kepala eksekutif perusahaan.

“Saya belum bisa menjelaskan detail produk secara lengkap, tapi itu benar-benar langkah selanjutnya dalam perjalanan menuju kacamata augmented reality dan terlihat cukup bagus juga,” tambahnya.

Perusahaan belum mengungkapkan nama produk baru, spesifikasi, kemampuan perangkat lunak, harga, atau detail lainnya. Rincian lebih lanjut akan dibagikan mendekati tanggal peluncuran.

Kemitraan ini akan menggabungkan aplikasi Facebook, merek Luxottica, dan teknologi lensa Essilor.

“Kami sangat bangga atas kolaborasi kami dengan Facebook, yang memproyeksikan merek ikonik seperti Ray-Ban ke masa depan yang semakin digital dan sosial,” kata Rocco Basilico, kepala perangkat pakaian di Luxottica.

“Menggabungkan merek yang dicintai dan dipakai oleh jutaan konsumen dengan teknologi yang telah membawa dunia lebih dekat, kami dapat mengatur ulang ekspektasi seputar perangkat yang dapat dikenakan. Kami membuka jalan bagi generasi baru produk yang ditakdirkan untuk mengubah cara kami memandang dunia," kata Basilico.

EssilorLuxottica yang berbasis di Paris didirikan pada Oktober 2018 melalui penggabungan merek Luxottics Italia dan Essilor dari Prancis.

Facebook telah berbicara tentang kacamata AR selama bertahun-tahun dan analis industri menganggap kemitraan ini sebagai langkah konkret ke arah itu.

Namun, kacamata pintar model pertama diharapkan tidak menawarkan kemampuan AR penuh, seperti memproyeksikan hologram di depan pengguna.

Pada hari Rabu, Facebook meluncurkan Project Aria - sebuah inisiatif penelitian yang akan membantunya membangun perangkat AR yang dapat dikenakan generasi pertama.

Perusahaan telah membangun perangkat penelitian yang akan dipakai seperti kacamata dan akan membantu perusahaan untuk memahami bagaimana membangun perangkat lunak dan perangkat keras yang diperlukan untuk kacamata AR.

“Ini adalah perangkat penelitian. Ini bukan prototipe, dan tidak untuk dijual. Untuk memulainya, itu akan dikenakan oleh sekelompok karyawan dan kontraktor Facebook - sekitar 100 peserta di San Francisco Bay Area dan Seattle - saat mereka menjalani hari, ”kata Nathan White, manajer kebijakan privasi di Facebook Reality Labs.

Kacamata pintar bermerek Ray-Ban pertama Facebook akan dirilis di pasar tahun depan. Atas kebaikan Facebook

Perangkat tersebut akan menggunakan sensor untuk menangkap video dan audio dari sudut pandang pemakainya, serta pergerakan mata dan data lokasi mereka.

TAGS : Perusahaan Facebook Kacamata Pintar




JURNAS VIDEO :

TERPOPULER :