Rabu, 21/10/2020 20:21 WIB

China Latihan Militer Saat Pejabat AS Kunjungi Taiwan

Surat kabar Taiwan, Liberty Times mengatakan jet angkatan udara Taiwan berebut 17 kali pada Jumat pagi selama empat jam, memperingatkan angkatan udara China untuk menjauh.

Wakil Menteri Urusan Ekonomi Amerika Serikat ()AS Keith Krach tiba di bandara di Taipei, Taiwan 17 September 2020. Kantor Berita Pusat / Pool via REUTERS

Beijing, Jurnas.com - Pemerintah China memulai latihan tempur di dekat Selat Taiwan pada Jumat (18/9), hari yang sama ketika seorang pejabat senior Amerika Serikat (AS) memulai pertemuan tingkat tinggi di Taipei.

Juru bicara Kementerian Pertahanan China, Ren Guoqiang mengatakan latihan tersebut terjadi di dekat Selat Taiwan dan melibatkan komando teater timur Tentara Pembebasan Rakyat.

"Itu adalah tindakan yang wajar dan diperlukan yang ditujukan pada situasi saat ini di Selat Taiwan dan melindungi kedaulatan nasional dan integritas teritorial," kata Ren.

Ia mengatakan, Taiwan adalah urusan internal China murni yang tidak melibatkan campur tangan asing.

"Baru-baru ini otoritas AS dan Partai Progresif Demokratik (DPP) meningkatkan kolusi mereka, sering menimbulkan gangguan," kata Ren, merujuk pada partai yang berkuasa di Taiwan.

"Mencoba menggunakan Taiwan untuk mengontrol China atau mengandalkan orang asing untuk membangun diri sendiri adalah angan-angan dan akan menemui jalan buntu," tambahnya.

"Mereka yang bermain api akan terbakar," katanya.

Surat kabar Taiwan, Liberty Times mengatakan jet angkatan udara Taiwan berebut 17 kali pada Jumat pagi selama empat jam, memperingatkan angkatan udara China untuk menjauh.

Harian tersebut juga menunjukkan gambar rudal yang dimuat ke F-16 di pangkalan udara Hualien di pantai timur Taiwan.

Pengumuman China datang ketika Wakil Menteri Urusan Ekonomi AS, Keith Krach memulai hari pertama kunjungannya ke Taiwan dengan cara yang sederhana, tanpa acara media terbuka di agendanya.

Ia dijadwalkan bertemu dengan Presiden Tsai Ing-wen di kemudian hari, dan pada hari Sabtu akan menghadiri upacara peringatan mendiang Presiden Lee Teng-hui.

China telah mengancam akan membuat tanggapan atas perjalanan itu, mempererat hubungan yang sudah buruk antara Beijing dan Taipei dan Washington. Hubungan Sino-AS anjlok menjelang pemilihan presiden AS bulan November.

Jet tempur China sempat melintasi garis tengah Selat Taiwan bulan lalu ketika Menteri Kesehatan AS Alex Azar berada di Taipei, dan pekan lalu China melakukan latihan skala besar selama dua hari di lepas pantai barat daya Taiwan.

AS, seperti kebanyakan negara, hanya memiliki hubungan resmi dengan China, bukan Taiwan, meskipun merupakan pemasok senjata utama pulau itu dan pendukung internasional terpenting.

Minggu ini, duta besar AS untuk Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) makan siang dengan utusan tertinggi Taiwan di New York. Misi PBB di China mengatakan pihaknya telah mengajukan pernyataan tegas selama pertemuan itu. (Reuters)

TAGS : Latihan Militer China Taiwan Pejabat Amerika Serikat




JURNAS VIDEO :

TERPOPULER :