Minggu, 25/10/2020 14:25 WIB

Panen Raya Bersama Bupati Muaro Jambi, Bapeltan Jambi Sampaikan Peran Besar BPP

Peran besar BPP yang berada di tingkat kecamatan untuk mendukung kedaulatan pangan nasional.

Panen padi sawah bersama. (Foto: Ist)

Jambi, Jurnas.com - Pusat gerakan pembangunan pertanian sangat tepat dilakukan di tingkat kecamatan. Sesuai dengan kebijakan pembangunan pertanian yang digagas Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo.

Syahrul melalui Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian (BPPSDMP), Dedy Nursyamsi memaparkan peran Balai Penyuluhan Pertanian (BPP) yang berada di tingkat kecamatan. BPP bertransformasi menjadi Komando Strategis Pembangunan Pertanian (Kostratani).

“Kostratani adalah pusat kegiatan pembangunan pertanian tingkat kecamatan, yang merupakan optimalisasi tugas, fungsi dan peran Balai Penyuluhan Pertanian (BPP) dengan memanfaatkan IT dalam mewujudkan kedaulatan pangan nasional," ujar Dedi dalam arahannya kepada pimpinan instansi lingkup BPPSDMP.

Balai Pelatihan Pertanian (Bapeltan) Jambi yang merupakan perpanjangan tangan dari Kementan mengikuti kegiatan panen raya padi bersama Bupati Muaro Jambi. Panen raya padi dilaksanakan di Desa Kemingking Luar Kecamatan Taman Rajo Kabupaten Muaro Jambi, Kamis (17/9).

Dalam sambutan Kepala Bapeltan Jambi, Zahron Helmy menyampaikan peran besar BPP yang berada di tingkat kecamatan untuk mendukung kedaulatan pangan nasional.

"Peran BPP yang bertransformasi menjadi Kostratani sangat besar. BPP sebagai pusat data dan informasi, pusat gerakan pembangunan pertanian, pusat pembelajaran, pusat konsultasi agribisnis, pusat pengembangan jejaring kemitraan," ujar Zahron.

Masnah Busro, Bupati Muaro Jambi, menyambut hangat kehadiran Bapeltan Jambi dan bersemangat mengikuti kegiatan panen raya. Dalam sambutan dan arahannya, Masnah menyampaikan bersyukur dengan hasil panen yang diperoleh di lahan seluar 60 hektar itu.

"Saya sangat senang dengan kehadiran Bapeltan Jambi dan instansi yang terkait lainnya. Hasil panen kita saat ini melebihi target panen yang ditetapkan. Dari dinas ditetapkan target 5 ton per hektar, tapi kita dapat mencapai 6 ton per hektar di sawah tadah hujan ini”, ujar Masnah.

Masnah pun memuji keberadaan penyuluh pertanian lapangan yang senantiasa mendampingi petani dalam melakukan usaha tani.

"Tentu hal ini tidak terlepas dari peran penyuluh pertanian yang berada di lapangan. Semangat dan kesungguhan penyuluh pertanian semoga terus berkobar," tutup Masnah.

TAGS : Panen Raya Bupati Muaro Jambi Bapeltan Jambi Peran Besar BPP




JURNAS VIDEO :

TERPOPULER :