Selasa, 16/04/2024 19:00 WIB

Michigan Perangi Wabah Penyakit Mematikan yang Bukan Virus Corona

Pesawat mulai menyemprot Merus 3.0, insektisida nabati, di beberapa bagian negara bagian itu Rabu malam.

Seekor nyamuk Anopheles stephensi memperoleh makanan darah dari inang manusia melalui belalainya yang runcing. (File foto: Reuters)

Michigan, Jurnas.com- Setelah berbulan-bulan berusaha menahan pandemi virus corona, para pejabat di Michigan kembali harus melawan penyakit yang berbeda dan berpotensi mematikan, yaitu Eastern equine encephalitis, infeksi otak yang ditularkan oleh nyamuk.

Departemen Kesehatan dan Layanan Kemanusiaan Michigan mengatakan pada Kamis pihaknya telah meningkatkan penyemprotan anti nyamuk malam hari di daerah berisiko tinggi di Michigan barat setelah mengumumkan 28 kuda dan satu manusia tertular penyakit di 11 kabupaten di negara bagian itu.

 

Para pejabat bergegas untuk menanggapi dengan cepat potensi wabah tersebut. Pesawat mulai menyemprot Merus 3.0, insektisida nabati, di beberapa bagian negara bagian itu Rabu malam, kata departemen kesehatan Michigan dalam sebuah pernyataan.

Negara bagian menyemprot pestisida lebih dari 500.000 hektare pada 2019.

Sebuah pesan suara otomatis di badan kesehatan negara bagian memberi tahu penduduk bahwa mereka tidak akan diizinkan untuk keluar dari penyemprotan.

Sebelumnya, pejabat setempat menyuarakan keprihatinan atas efek potensial semprotan, termasuk kemampuannya untuk membahayakan lebah madu. Michigan tahun lalu mengizinkan penduduk untuk memilih tidak ikut penyemprotan.

Pihak berwenang memperingatkan warga untuk menutup kolam ikan hias, serta mempertimbangkan membatalkan aktivitas di luar ruangan untuk mengurangi risiko gigitan nyamuk.

Menurut Pusat Pengendalian Penyakit (CDC), Amerika Serikat, Eastern equine encephalitis hadir di seluruh AS bagian timur serta bagian dari Midwest, tetapi umumnya jarang terjadi pada manusia.

Penyakit ini membunuh hingga 30% orang yang terinfeksi dan juga menyebabkan kerusakan neurologis jangka panjang. Pada 9 September, hanya lima orang di AS yang didiagnosis dengan penyakit tersebut pada tahun 2020. Angka itu belum termasuk kasus Michigan. (Reuters)

KEYWORD :

Eastern equine encephalitis Negara Bagian Amerika Serikat Michigan




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :