Jum'at, 26/04/2024 02:40 WIB

Wakil Ketua MPR : Usut Tuntas Agar Tidak Menjadi Preseden Buruk Bagi Penegakan Hukum

Apabila kejadian ini tidak diselesaikan dengan baik maka dapat menjadi preseden buruk bagi penegakan hukum di Indonesia dan mempengaruhi kepercayaan masyarakat.

Wakil Ketua MPR RI Syaefuddin Hasan. (Foto: MPR)

Jakarta, Jurnas.com - Wakil Ketua MPR Syarief Hasan menyampaikan keprihatinan dan duka mendalam atas kejadian yang menimpa Syekh Ali Jaber. Ia mengutuk keras penusukan ulama kelahiran Madinah ini di kompleks Masjid Afaluddin Tamin Sukajaya, Lampung pada Ahad (13/9/2020).

Menurut Syarief, kejadian ini harus diusut dengan tuntas agar kejadian seperti ini tidak terulang kembali. “Apabila kejadian ini tidak diselesaikan dengan baik maka dapat menjadi preseden buruk bagi penegakan hukum di Indonesia dan mempengaruhi kepercayaan masyarakat”, ungkap Syarief.

Ia pun mendorong penyelidikan dilakukan secara terbuka dan hati-hati. Apalagi, beberapa waktu terakhir, muncul pernyataan yang mengatakan pelaku sedang terganggu kejiwaannya sehingga menimbulkan pro dan kontra. “Keterbukaan ini penting untuk mengembalikan kepercayaan publik dan menghindari kecurigaan serta prasangka negatif terhadap penegakan hukum.”, ungkapnya lagi.

Syarief Hasan mendengar banyak sekali berita penyerangan terhadap ulama. “Syekh Ali Jaber hanyalah satu dari sekian banyak tokoh agama yang mendapatkan kekerasan dalam melakukan syiar agama. Bahkan, ada beberapa diantaranya sampai meninggal dunia”, kecam Syarief Hasan.

Ia pun mengharapkan agar kejadian ini tidak memancing kerusuhan dan adu domba di tengah masyarakat.

“Kejadian ini sangat memprihatikan dan berpotensi memancing pergolakan di tengah masyarakat. Pemerintah dan aparat hukum harus bergerak cepat mengantisipasi kemungkinan buruk sehingga kerukunan antar umat beragama, dan persatuan Indonesia tetap terjaga yang menjadi bagian dari pengamalan Pancasila, tegas Syarief.

Ia juga mendorong agar seluruh komponen bangsa tidak mudah terhasut dengan upaya propaganda buruk yang memanfaatkan kejadian ini. “Partai Demokrat mengajak pemerintah, penegak hukum, dan masyarakat untuk meningkatkan kewaspadaan dalam setiap kegiatan-kegiatan.”, ungkap Syarie

KEYWORD :

Kinerja MPR Syarief Hasan Agama Hukum




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :