Selasa, 29/09/2020 01:02 WIB

AS Bersumpah Cegah Iran Beli Alutsista China dan Israel

Pompeo menegaskan meskipun Uni Eropa dan PBB tidak setuju dengan keputusan AS menarik diri dari Pakta Nuklir 2015 pada 2018, dan menerapkan kembali sanksi sepihak terhadap Iran, AS bertujuan untuk menjaga keamanan dunia.

Menteri Luar Negeri Amerika Serikat (AS), Mike Pompeo. (Foto: AFP)

Washington, Jurnas.com - Menteri Luar Negeri Amerika Serikat (AS) Mike Pompeo bersumpah bahwa Washington akan mencegah Iran membeli tank China dan sistem pertahanan udara Rusia.

Menurut laporan tersebut yang dikutip Middle East Monitor pada Rabu (16/9) tersebut, Pompeo menegaskan meskipun Uni Eropa dan PBB tidak setuju dengan keputusan AS menarik diri dari Pakta Nuklir 2015 pada 2018, dan menerapkan kembali sanksi sepihak terhadap Iran, AS bertujuan untuk menjaga keamanan dunia.

"Kami akan bertindak dengan cara kami, yang akan mencegah Iran untuk dapat membeli tank China dan sistem pertahanan udara Rusia dan menjual kembali senjata ke Hizbullah, untuk merusak upaya yang dilakukan oleh Presiden Prancis Emmanuel Macron," tegas Pompeo.

Pada Agustus lalu, Dewan Keamanan Perserikatan Bangsa-Bangsa menolak proposal AS untuk memperpanjang embargo senjata di Iran.

Sementara itu, Presiden Dewan Keamanan PBB yang saat ini dipegang oleh Indonesia, menyatakan tidak dalam posisi untuk mengambil tindakan lebih lanjut, atas upaya AS mengembalikan semua sanksi PBB terhadap Iran, karena tidak ada konsensus dalam 15 negara anggota tersebut.

Pompeo menambahkan, sekutu negaranya di Eropa lebih memilih untuk bersekutu dengan Pemimpin Tertinggi Iran Ayatollah Ali Khamenei.

TAGS : Mike Pompeo Amerika Serikat Iran




JURNAS VIDEO :

TERPOPULER :