Jum'at, 26/04/2024 01:02 WIB

Vaksin Virus Corona China Siap untuk Umum pada November

China memiliki empat vaksin COVID-19 dalam tahap akhir uji klinis. Setidaknya tiga di antaranya telah ditawarkan kepada pekerja penting di bawah program penggunaan darurat yang diluncurkan pada Juli.

Menurut ilmuwan Inggris, vaksin Covid-19 baru akan tersedia paling cepat awal tahun depan (Foto: Mirror)

Beijing, Jurnas.com - Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC), China mengatakan, vaksin virus corona (COVID-19) yang sedang dikembangkan di China kemungkinan siap untuk digunakan masyarakat umum paling cepat November. Demikian kata pejabat.

China memiliki empat vaksin COVID-19 dalam tahap akhir uji klinis. Setidaknya tiga di antaranya telah ditawarkan kepada pekerja penting di bawah program penggunaan darurat yang diluncurkan pada Juli.

Uji klinis tahap tiga berjalan lancar dan vaksin dapat siap untuk masyarakat umum pada November atau Desember," kata Kepala Ahli Biosafety CDC, Guizhen Wu dalam wawancara dengan TV pemerintah pada Senin (14/9) malam.

Wu, yang mengatakan tidak mengalami gejala abnormal dalam beberapa bulan terakhir setelah mengambil sendiri vaksin eksperimental pada bulan April, tidak menjelaskan secara spesifik vaksin mana yang dia maksud.

Satu unit raksasa farmasi negara China National Pharmaceutical Group (Sinopharm) dan Sinovac Biotech yang terdaftar di Amerika Serikat (AS) sedang mengembangkan tiga vaksin di bawah program penggunaan darurat negara bagian.

Vaksin COVID-19 keempat yang sedang dikembangkan oleh CanSino Biologics telah disetujui untuk digunakan oleh militer China pada bulan Juni.

Sinopharm mengatakan pada Juli bahwa vaksinnya dapat siap untuk digunakan publik pada akhir tahun ini setelah selesainya uji coba tahap tiga..

Hingga saat ini, produsen vaksin global masih berlomba untuk mengembangkan vaksin COVID-19 yang lebih efektif melawan virus yang telah menewaskan lebih dari 925.000 orang.

Produsen vaksin Barat terkemuka berjanji awal bulan ini untuk menegakkan standar studi ilmiah dan menolak tekanan politik untuk mempercepat proses penggunaan vaksin. (Reuters)

KEYWORD :

Vaksin China Vaksin COVID-19 China Amerika Serikat Vaksin Global




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :