Jum'at, 26/04/2024 03:40 WIB

Mendikbud Dorong Universitas Terbuka Realisasikan UT Siber

Pasalnya, Universitas Terbuka sebagai perguruan tinggi yang sudah melaksanakan pembelajaran jarak jauh (PJJ) selama 36 tahun, sudah mampu menjangkau seluruh lapisan masyarakat.

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Anwar Makarim

Jakarta, Jurnas.com - Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Anwar Makarim mendorong Universitas Terbuka (UT) supaya segera merealisasikan gagasan UT Siber.

Pasalnya, Universitas Terbuka sebagai perguruan tinggi yang sudah melaksanakan pembelajaran jarak jauh (PJJ) selama 36 tahun, sudah mampu menjangkau seluruh lapisan masyarakat.

"Saya meminta agar UT segera merealisasikan perannya yang lebih besar lagi dalam memajukan pendidikan jarak jauh di Indonesia. Gagasan UT Siber harus terwujud," kata Nadiem dalam acara puncak Dies Natalis Universitas Terbuka ke-36 melalui video virtual pada Jumat (4/9).

Menurut Nadiem, Universitas Terbuka sudah membuktikan kiprahnya dalam meningkatkan akses pendidikan tinggi di Tanah Air. Dengan jumlah lulusan mencapai lebih dari 1,7 juta orang, prestasi UT sulit dicari tandingannya.

"1,7 juta lulusan selama ini, itu luar biasa dan sukar ditandingi oleh perguruan tinggi lain di Indonesia, bahkan dunia," ujar Mendikbud.

"Saya sangat mengapresiasi kinerja UT sebagai kampus dengan biaya terjangkau dan mampu menjangkau segala lapisan masyarakat," sambung dia.

Nadiem menambahkan, Universitas Terbuka yang kini tersebar di berbagai pelosok nusantara mampu mengemban program Kampus Merdeka. Karena mampu menyentuh seluruh lapisan masyarkat, Universitas Terbuka dinilai telah melakukan pengabdian masyarakat.

Sementara itu Rektor Universitas Terbuka, Ojat Darojat menerangkan bahwa pihaknya sudah siap mewujudkan UT Siber.

Dalam penuturannya, platform digital tersebut nantinya akan menampung berbagai program studi (prodi) daring di pendidikan tinggi negeri dan swasta.

"Ketika masyarakat mengklik satu prodi di UT Siber, maka akan langsung terkoneksi dengan perguruan tinggi penyedianya," terang Ojat.

Walikota Tangerang Selatan, Airin Rachmi Diany yang berkesempatan hadir dalam acara puncak Dies Natalies Universitas Terbuka ke-36 di Kampus Pusat UT bangga dengan keberadaan Universitas Terbuka.

Menurut dia, pengalaman Universitas Terbuka sebagai PT-PJJ akan sangat membantu para pelajar yang saat ini melaksanakan PJJ di tengah pandemi Covid-19. Dia juga mengakui peran UT dalam membimbing para guru di wilayah Tangerang Selatan.

"Pandemi telah membawa kita semua pada kondisi gagal teknologi dan metode pembelajaran daring. UT sudah berpengalaman dalam hal itu, dan tentu saja sangat besar perannya bagi kemajuan pendidikan di Tangerang Selatan," tandas Airin.

KEYWORD :

UT Siber Universitas Terbuka Mendikbud Nadiem Anwar Makarim




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :