Selasa, 27/10/2020 07:25 WIB

Korea Utara Persiapkan Parade Militer Besar-besaran di Tengah Pandemi

Beberapa bulan terakhir, Korea Utara tampaknya membangun sekitar 100 garasi permanen di fasilitas Mirim, sehingga hampir tidak mungkin untuk mengamati kendaraan apa saja yang keluar masuk di fasilitas tersebut.

Pemimpin Korea Utara (Korut), Kim Jong Un (Foto: Reuters)

Pyonyang, Jurnas.com - Pasukan Korea Utara sedang berlatih untuk parade militer besar meskipun ada pembatasan virus corona (COVID-19) yang sedang berlangsung di negara itu.

Berdarkan citra satelit yang dianalisis oleh 38 North, lembaga think tank Amerika Serikat (AS) yang berspesialisasi di Korea Utara, menunjukkan formasi pasukan dan kendaraan di Lapangan Latihan Parade Mirim, di pinggiran ibu kota Pyongyang pada Senin (31/8).

"Korea Utara secara luas diperkirakan akan mengadakan parade militer besar pada 10 Oktober tahun ini untuk menandai ulang tahun ke-75 Partai Pekerja Korea," kata kata laporan 38 North.

Fasilitas Mirim secara teratur digunakan oleh pasukan yang berlatih gaya berbaris yang ditampilkan dalam parade militer Korea Utara, yang biasanya berlangsung di Lapangan Kim Il Sung di Pyongyang di depan para pejabat tinggi, termasuk pemimpin Kim Jong Un.

Tanggal 10 Oktober secara luas diperkirakan akan menjadi hari libur besar bagi Korea Utara, tetapi persiapan parade beberapa kali ditunda karena tindakan anti-pandemi atau cuaca buruk baru-baru ini. 

Beberapa bulan terakhir, Korea Utara tampaknya membangun sekitar 100 garasi permanen di fasilitas Mirim, sehingga hampir tidak mungkin untuk mengamati kendaraan apa saja yang keluar masuk di fasilitas tersebut.

"Konon, banyak jejak ban di area beton baru yang melayani garasi menunjukkan aktivitas berat telah terjadi di dalam dan sekitar garasi," kata 38 North menambahkan.

Korea Utara telah menggunakan parade semacam itu untuk memamerkan persenjataan rudal balistiknya yang terus berkembang. Namun, rudal balistik Korut belum dipamerkan lagi sejak putaran diplomasi internasional pada 2018. 

Korea Utara mengatakan tidak memiliki kasus yang dikonfirmasi dari COVID-19, tetapi telah memberlakukan penutupan perbatasan yang ketat dan karantina yang lama untuk mencegah kemungkinan penyebaran penyakit. (Reuters)

TAGS : Virus Corona Korea Utara Parade Militer Kim Jong un




JURNAS VIDEO :

TERPOPULER :