Rabu, 20/01/2021 13:27 WIB

Donald Trump Potong Impor Baja dari Brasil

Batasan impor baja ditetapkan pada 2018 bagian dari kesepakatan antar negara untuk menghindari tarif yang diterapkan Trump ke negara lain.

Presiden Amerika Serikat (AS), Donald Trump dan Gubernur Arizona Doug Ducey turun dari Air Force One saat tiba di Bandara Internasional Phoenix Sky Harbor di Phoenix, Arizona, 23 Juni 2020. (Foto: AFP)

Washington, Jurnas.com - Presiden Donald Trump kembali meluncurkan kebijakan dengan memotong batas impor baja dari Brasil. Alasannya adalah penurunan produk di pasar Amerika Serikat (AS).

Donald Trump mengubah kesepakatan sebelumnya yang diatur di bawah Pasal 232 terkait dengan kekuatan keamanan nasional untuk menurunkan batasan impor yang diizinkan.

Batasan impor baja tersebut ditetapkan pada 2018 sebagai bagian dari kesepakatan antar negara untuk menghindari tarif yang diterapkan Trump ke negara lain.

Trump mengutip alasan pasar baja AS yang merosot. Sebelumnya, harga baja di AS sempat meningkat di tengah lockdown yang dipicu oleh pandemi virus Corona.

“Impor dari sebagian besar negara mengalami penurunan tahun ini sesuai dengan kontraksi ini, sedangkan impor dari Brazil hanya turun sedikit,” ujarnya.

Oleh sebab itu, AS akan menurunkan batasan impor baja dari Brazil di sisa tahun ini. Namun, pernyataan Trump tersebut tidak menjelaskan secara rinci terkait dengan jenis baja dan lain sebagainya.

Meskipun demikian, AS akan mengizinkan pengecualian dalam kasus tertentu. Batasan baru muncul setelah pembicaraan dengan Brasil yang menghadapi ancaman tarif 25 persen dari AS.

“Amerika Serikat dan Brazil akan mengadakan konsultasi lebih lanjut pada Desember 2020 untuk membahas kondisi perdagangan baja kedua negara terkait kondisi pasar yang berlaku saat itu,” kata Trump.

Batas tahunan impor dari Brasil akan kembali ke level sebelumnya pada tahun 2021, kecuali batas tersebut diubah lebih lanjut atau dihentikan.

Harga baja domestik di AS turun 12 persen tahun ini karena pandemi virus Corona telah menghancurkan permintaan dalam segala hal mulai dari industri otomotif hingga konstruksi.

TAGS : Donald Trump Impor Baja Brasil




JURNAS VIDEO :

TERPOPULER :