Kamis, 22/10/2020 22:50 WIB

Jokowi: Magang Vokasi di Industri Minimal Satu Semester

Hal ini disampaikan saat meresmikan Gedung Sekolah Vokasi Universitas Diponegoro (Undip) pada Rabu (26/8), melalui konferensi video dari Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat.

Presiden RI Joko Widodo meresmian Gedung Sekolah Vokasi Undip (Foto: Biro Setpres)

Jakarta, Jurnas.com - Presiden RI Joko Widodo menyebut program magang, yang merupakan bentuk link and match pendidikan vokasi dan industri, harus dilakukan dalam waktu setidaknya enam bulan atau satu semester.

Hal ini disampaikan saat meresmikan Gedung Sekolah Vokasi Universitas Diponegoro (Undip) pada Rabu (26/8), melalui konferensi video dari Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat.

"Itulah inti dari kebijakan merdeka belajar, kampus merdeka, bahwa mahasiswa diberi akses dan didukung untuk belajar kepada siapa saja dan di mana saja, yang bisa memberikan pengetahuan, yang bisa memberikan keterampilan baru yang relevan yang dibutuhkan oleh masyarakat, yang dibutuhkan oleh industri," terang Jokowi.

Presiden melanjutkan, pemerintah sedang membangun kawasan-kawasan industri di Indonesia. Dan salah satu kawasan terpenting ialah kawasan industri di sepanjang super koridor ekonomi pantai utara Jawa.

Koridor ini, lanjut Jokowi, telah dilengkapi dengan ketersediaan akses logistik yang baik, tol darat yang sudah tersambung baik, tol laut, tol udara, dekat dengan pelabuhan dan bandara, serta telah dilengkapi dengan ketersediaan listrik yang melimpah di pulau Jawa.

"Industri-industri dalam kawasan ini kita dorong untuk bekerja sama dengan lembaga-lembaga pendidikan, terutama pendidikan vokasi dan kita dorong untuk bersinergi, bekerja sama dengan para pelaku usaha kecil, usaha mikro, usaha menengah untuk membangun sinergi kekuatan nasional," kata Presiden.

Presiden juga mengajak semua pihak yang terkait, pelaku industri, pelaku UMKM, dan lembaga pendidikan tinggi untuk memanfaatkan momentum pengembangan kawasan industri ini sebagai ajang sinergi untuk melakukan lompatan kemajuan.

Oleh karena itu, Presiden berpandangan bahwa inovasi model kerja sama harus terus dikembangkan.

"Masing-masing pihak harus membuka diri untuk berubah, untuk menemukan cara-cara baru, untuk menemukan model kerja sama baru yang saling menguntungkan dan menghasilkan nilai tambah yang maksimal untuk perekonomian nasional kita," tandas dia.

Turut hadir dalam acara peresmian tersebut tersebut antara lain Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikkbud) Nadiem Anwar Makarim, dan Sekretaris Kabinet (Seskab) Pramono Anung.

TAGS : Program Magang Vokasi Undip Universitas Diponegoro Joko Widodo




JURNAS VIDEO :

TERPOPULER :