Jum'at, 25/09/2020 10:59 WIB

Bupati Kerinci Kokohkan Peran Kostratani Bersama Bapeltan Jambi

Balai Pelatihan Pertanian (Bapeltan) Jambi, salah satu Unit Pelaksana Teknis (UPT) di bawah Kementan bergerak cepat menyambut instruksi tersebut.

Bupati Kerinci kokohkan peran Kostratani bersama Bapeltan Jambi

Jambi, Jurnas.com – Upaya Kementerian Pertanian (Kementan) menjadikan seluruh Balai Penyuluhan Pertanian (BPP) di Indonesia sebagai Kostratani, direspons positif di Jambi. Balai Pelatihan Pertanian (Bapeltan) Jambi, salah satu Unit Pelaksana Teknis (UPT) di bawah Kementan bergerak cepat menyambut instruksi tersebut.

Kepala Bapeltan Jambi, Zahron Helmy, melakukan pendekatan kepada pemerintah daerah. Salah satunya dengan Bupati Kerinci, Adirozal, beserta jajaran Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) Kabupaten Kerinci.

"Penguatan sistem data dan informasi sangat penting untuk dilakukan sampai ke tingkat kecamatan agar lebih cepat mengetahui perkembangan pembangunan pertanian sektor tanaman pagan, perkebunan, peternakan, dan hortikultura," ujar Zahron di hadapan Bupati Kerinci, Adirozal, Rabu (12/7).

"Dengan ini pemerintah akan lebih cepat untuk mengambil kebijakan pembangunan berdasarkan informasi-informasi yang diperoleh dengan cepat," sambungnya. 

Sementara itu, Adirozal, sekaligus sebagai Ketua Komando Strategis Pembangunan Pertanian Daerah (Kostrada) Kabupaten Kerinci menyambut antusias kehadiran Bapeltan Jambi. Adirozal mengajak seluruh SKPD untuk sama-sama bergerak.

"Saya mengajak kepada seluruh jajaran SKPD yang terkait, mari membangun pertanian di Kerinci. Pertanian di Kerinci harus semakin maju, mandiri, dan modern," ujarnya.

"Saya Bupati Kerinci, sebagai Ketua Kostrada Kabupaten Kerinci mulai hari ini mengajak seluruh jajaran penyuluhan untuk menggerakkan seluruh Balai Penyuluhan Pertanian Kostratani sebagai pusat gerakan pembangunan pertanian dan pusat data informasi pertanian," ajaknya.

Di tempat lain, Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo menyampaikan bahwa penguatan berbagai program unggulan, termasuk Kostratani, dilakukan untuk memperkuat ketahanan pangan.

"Kementan akan melakukan berbagai cara untuk memperkuat ketahanan pangan. Salah satunya dengan memperkuat Kostratani. Kostratani akan menjadi pusat data dan informasi, pusat pembelajaran, dan tentunya pusat pengembangan pertanian. Perannya akan sangat sentral buat pertanian Tanah Air," ujarnya

Hal senada disampaikan Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pertanian (BPPSDMP), Dedi Nursyamsi, dengan mengokohkan peran Komando Strategis Pembangunan Pertanian (Kostratani) di berbagai daerah.

"Dimana pun berada, seluruh insan pertanian, insan Kementan, wajib hukumnya untuk membina dan mendukung BPP menjadi Kostratani. Kita lengkapi BPP Kostratani dengan komputer dan internet. Setiap saat penyuluh bisa belajar bagaimana cara bercocok tanam yang baik, pupuk yang bagus, panen, olah panen dan lainnya," ujarnya.

TAGS : Penyuluh Pertanian Kostratani Dedi Nursyamsi Jambi




JURNAS VIDEO :

TERPOPULER :