Sabtu, 26/09/2020 10:42 WIB

Kisah Para Seleb Lakoni PJJ di tengah Pandemi Covid-19

Di tengah pandemi Covid-19, Arumi mengaku sangat terbantu dengan sistem PJJ yang sudah dianut oleh Universitas Terbuka sejak 36 tahun lalu.

Arumi Bachsin (Foto: Muti/Jurnas)

Jakarta, Jurnas.com - Pandemi Covid-19 memaksa seluruh mahasiswa melakoni pembelajaran jarak jauh (PJJ), usai pemerintah memutuskan untuk menutup seluruh aktivitas perkuliahan di kampus.

Hal ini juga dialami oleh Arumi Bachsin, Novi Cherrybelle, dan Chicha Kuswoyo yang saat ini berstatus sebagai mahasiswa di Universitas Terbuka (UT).

Namun di saat mahasiswa di luar UT masih merasakan carut-marut PJJ, karena adanya proses adaptasi dari pembelajaran tatap muka menjadi daring, ketiga seleb ini justru merasa sebaliknya.

"Beda banget sama kampus yang sudah jauh-jauh hari menerapkan kuliah online seperti UT, jadi tidak ada trouble (kendala) antara mahasiswa dan dosen. Kalau belajar di UT kan kita dikasih modul," tutur Arumi dalam webinar Temu Public Figure 2020 bertajuk `UT Terdepan dalam Inovasi Pendidikan Jarak Jauh (PJJ)` pada Selasa (11/8).

Di tengah pandemi Covid-19, Arumi juga mengaku sangat terbantu dengan sistem PJJ yang sudah dianut oleh Universitas Terbuka sejak 36 tahun lalu.

Apalagi selain harus melakoni peran sebagai istri Wakil Gubernur Jawa Timur, dirinya juga harus membagi waktu sebagai ibu rumah tangga, dan mengurus anak.

"Sistem pembelajaran kayak di UT ini emang baru kerasa banget pas pandemi ini. Semua kampus itu mulai adaptasi ke dunia online," ujar mahasiswa Prodi S-1 Pendidikan Guru PAUD UPBJJ-UT Malang tersebut.

Hal senada juga dialami oleh Novi Cherrybelle. Pemilik nama lengkap Novi Herlina tersebut mengungkapkan selama pandemi ini dia kerap kali menerima keluhan dari rekan-rekan sesama artis terkait PJJ.

"Kalau buat aku tidak tegang, karena aku udah biasa kuliah di rumah, jadi kayak menghasut teman-teman, mereka langsung iri," kata Novi.

"Akhirnya mereka yang tidak biasa belajar online tanya-tanya ke aku, aku kasih tau step-stepnya," sambung dia.

Novi menuturkan, keputusannya memilih UT karena kesibukannya di dunia hiburan. Dengan pertimbangan tidak bisa fokus bila harus kuliah tatap muka di kampus, Novi akhirnya menjatuhkan pilihan pada UPBJJ-UT Bogor.

"Aku cari-cari perguruan tinggi yang online, dan ternyata artis-artis muda kuliah di UT, dan tanya-tanya ke teman-teman yang sudah kuliah. Akhirnya aku daftar tahun 2017," ujar Novi.

Kisah tak berbeda jauh juga dialami artis senior Mirza Riadiani Kesuma, atau yang akrab dikenal Chicha Kuswoyo. PJJ yang diterapkan di Universitas Terbuka menurut Chicha cocok dengan kesibukannya sebagai ibu rumah tangga, sekaligus perempuan yang sudah berumur.

"Cocok banget buat ibu rumah tangga, sambil urus rumah bisa kuliah. Sampai diledekin sama suami udah tua kok masih kuliah, saya jawab kan enggak ada batasan umur," tandas Chicha.

TAGS : Kabar Artis Arumi Bachsin Novi Cherrybelle Universitas Terbuka




JURNAS VIDEO :

TERPOPULER :