Rabu, 23/09/2020 16:09 WIB

Toshiba Resmi Keluar dari Bisnis Laptop

Toshiba bergabung dengan jajaran raksasa teknologi Jepang yang telah mundur dari industri PC

Perusahaan Toshiba (foto: Engadget)

Jakarta, Jurnas.com - Toshiba bergabung dengan jajaran raksasa teknologi Jepang yang telah mundur dari industri PC. Gizmodo melaporkan bahwa Toshiba diam - diam telah menjual 19,9 persen sahamnya di merek laptop Dynabook ke Sharp, secara resmi keluar dari bisnis laptop, dan benar-benar bisnis PC pada umumnya.

Dilansir Engadget, Senin (11/08), perusahaan ini tidak menjadi nama besar di PC untuk sementara waktu (menjual 80,1 persen saham ke Sharp pada 2018), tetapi ini masih penting sebagai akhir dari bab 35 tahun dalam sejarah perusahaan.

Perusahaan ini adalah pelopor dalam ruang komputer portabel, seperti yang dijelaskan oleh Computer World. T1100-nya dari tahun 1985 secara luas dianggap sebagai komputer laptop utama pertama, dan menetapkan template desain untuk portabel yang tidak banyak berubah sampai lini PowerBook Apple tiba pada tahun 1991 silam.

Toshiba berkembang pesat di tahun 1990-an dan 2000-an dengan lini Satellite, Portégé dan Qosmio - Laptop pertama penulis ini adalah Satelit 13,3 inci dari tahun 2002.

Belum diketahui secara pasti apa yang mendorong penurunan Toshiba, meskipun ada sejumlah faktor yang mungkin. Taruhan gagal Toshiba pada HD DVD tidak membantu - ia menghasilkan laptop yang berpusat pada media yang fitur utamanya menjadi tidak berguna setelah Blu-ray dan streaming mengambil alih.

Seperti yang diamati The Register, saingan seperti Apple, Dell, dan Lenovo juga mengalahkan Toshiba dalam permainannya sendiri dengan ultraportable seperti seri MacBook Air dan XPS .

Selain itu, pasar PC yang menyusut dan Toshiba menghadapi persaingan ketat di pasar di mana tidak ada banyak uang untuk siapa pun kecuali pesaing terbesar.

Toshiba masih menjadi nama utama dalam komputasi melalui kategori seperti pencetakan dan penyimpanan, dan memiliki jari dalam kategori seperti energi dan ritel.

TAGS : Perusahaan Toshiba Industri Laptop




JURNAS VIDEO :

TERPOPULER :