Jum'at, 19/04/2024 14:35 WIB

Kesalahan Perhitungan Negara Adidaya Penyebab Meluasnya Ekstremisme di Asia Barat

Invasi pimpinan Amerika Serikat (AS) pada 2003 ke Irak sebagai salah perhitungan salah satu kekuatan besar.

Menteri Luar Negeri Iran Mohammad Javad Zarif (Foto:Richard Drew / AP)

Teheran, Jurnas.com - Menteri Luar Negeri IranMohammad Javad Zarif mengatakan kesalahan perhitungan dan kesalahan besar yang dibuat oleh kekuatan besar dunia selama beberapa dekade terakhir adalah penyebab utama melonjaknya ekstremisme di wilayah Asia Barat.

Zarif membuat pernyataan dalam pidato yang disampaikan di Fakultas Studi Dunia di Universitas Teheran pada Senin (3/8), bagian kedua dari kursus lima bagian dalam hubungan internasional berjudul, "Dunia dalam Transisi".

"Ekstremisme adalah hasil kesalahan perhitungan dan pendudukan (negara-negara regional oleh kekuatan dunia). Masalah utama, yang berevolusi menjadi kondisi menyedihkan yang ada adalah masalah `kesalahpahaman` dan `salah perhitungan`, yang menyebabkan kekuatan regional dan negara adidaya membuat kesalahan," ujar Zarif.

"Kesalahan perhitungan yang dilakukan oleh kekuatan besar, atau dengan kata lain negara adikuasa, sehubungan dengan tatanan modern dunia telah menghasilkan konsekuensi, yang jauh lebih berbahaya daripada kesalahan yang dilakukan oleh negara lain," tegas Zarif.

Ia menggambarkan invasi pimpinan Amerika Serikat (AS) pada 2003 ke Irak sebagai salah perhitungan salah satu kekuatan besar, dengan mengatakan bahwa ada banyak ambiguitas seputar serangan tersebut pada permulaannya.

"Tapi ada sesuatu yang mencolok. Sudah jelas sejak awal bahwa perang (AS) ini (terhadap Irak) akan mengarah pada penyebaran ekstremisme di dunia," ujarnya.

Pada awal 2003, AS, yang didukung oleh Inggris, menyerbu Irak dengan dalih bahwa rezim mantan diktator negara itu, Saddam Hussein, memiliki senjata pemusnah massal (WMD). Namun, tidak ada senjata seperti itu yang pernah ditemukan di Irak.

Invasi itu menjerumuskan Irak ke dalam kekacauan dan menyebabkan bangkitnya kelompok-kelompok teroris, termasuk kelompok Daesh Takfiri, di seluruh wilayah.

AS dan koalisi sekutu-sekutunya selanjutnya meluncurkan kampanye militer melawan sasaran-sasaran Daesh yang diakui di Irak pada 2014, tetapi operasi mereka dalam banyak kasus menyebabkan kematian warga sipil.

Di tempat lain dalam pidatonya, Zarif menyinggung penarikan AS dari beberapa perjanjian internasional, dan mengatakan kebijakan seperti itu hanya mirip dengan ide-ide fanatik dan keras kepala yang bertentangan dengan realitas dunia di lapangan.

Beberapa pemain di kancah internasional, seperti AS berjuang mengendalikan situasi dengan menggunakan aturan lama dan mengandalkan keunggulan militer mereka, tetapi pendekatan mereka menyebabkan bencana.

AS di bawah Presiden Donald Trump telah menarik diri dari beberapa perjanjian internasional yang menentang protes global.

Trump, seorang kritikus perjanjian nuklir 2015 antara Iran dan enam kekuatan dunia ecara sepihak menarik Washington dari perjanjian pada Mei 2018, dan mengeluarkan sanksi "terberat" terhadap Republik Islam yang menentang kritik global.

Pemerintahan Trump juga menarik AS dari Perjanjian Pasukan Nuklir Jangka Menengah (INF) dengan Rusia tahun lalu. Traktat 1992 memungkinkan negara-negara anggota melakukan penerbangan pengintaian dengan pemberitahuan singkat, tidak bersenjata, di atas negara-negara lain untuk mengumpulkan data tentang kekuatan dan kegiatan militer mereka.

Bukan hanya itu, Trump juga menarik negaranya keluar dari organisasi budaya Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB), UNESCO, dan kesepakatan iklim Paris. (Press TV)

KEYWORD :

Mohammad Javad Zarif Amerika Serikat Iran Donald Trump




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :